Mendag Pede Banyak Merek Kopi Lokal yang Akan Mendunia

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 18 Agustus 2020 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 18 320 2264111 mendag-pede-banyak-merek-kopi-lokal-yang-akan-mendunia-HIhvDp9vI9.jpg Mendag Dorong Kopi Indonesia Bersaing di Luar Negeri. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendorong potensi produk dalam negeri supaya bisa bersaing di pasar global. Salah satu produknya adalah kopi.

Menurut Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, kopi asal Indonesia sangat istimewa dan mampu bersaing di pasar global. Seperti racikan biji kopi arabika yang berasal dari aceh gayo dan flores Bajawa.

"Kopi yang disajikan merupakan rasa kopi Indonesia sangat enak. Tentu, hal ini merupakan potensi yang bisa dikembangkan dan bersaing di pasar global,” kata Mendag Agus, dalam keterangannya, Selasa (18/8/2020).

Baca Juga: Industri Olahan Kopi RI Bisa Jadi Pemain Utama di Pasar Global

Mendag Agus menilai, semakin banyak kedai kopi yang menyajikan racikan biji lokal akan membantu para petani kopi Indonesia. Kedai kopi merupakan salah satu bentuk usaha kecil dan menengah (UKM) yang diharapkan dapat terus maju dan berkembang.

"Saya berharap, semakin banyak kedai kopi yang didirikan nantinya dapat membantu para petani. Semoga ke depan, makin banyak merek kopi lokal Indonesia yang mendunia,” ujar Agus.

Baca Juga: Bos Kopi Kenangan: Jualan Kopi Itu Kualitas bukan Fasilitasnya

Mendag pun mengapresiasi pada para pemuda Indonesia yang ikut berjuang memajukan UKM. Dirinya pun menyerukan kembali akan rasa bangga buatan Indonesia (BBI).

"Pemerintah dan masyarakat harus bekerja sama memajukan dan mengembangkan UKM Indonesia dengan membeli produk buatan Indonesia," tuturnya. (feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini