Tertarik Budidaya Sawi? Begini Cara Menanamnya di Perkarangan Rumah

Natasha Oktalia, Jurnalis · Selasa 18 Agustus 2020 15:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 18 470 2263921 tertarik-budidaya-sawi-begini-cara-menanamnya-di-perkarangan-rumah-F5QPH2PkaJ.png Memulai Menanam Sawi Hijau di Pekarangan Rumah. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Kegiatan menanam meningkat saat pandemi virus corona meluas. Salah satu tanaman yang bisa ditanami di rumah adalah sawi hijau.

Tanaman ini pun menjadi salah satu favorit banyak orang. Biasanya digunakan sebagai pelengkap nasi goreng, bakso hingga bakmie.

Baca Juga: 5 Hal Wajib Diperhatikan Sebelum Investasi Ruko

Kementerian Pertanian (Kementan) membagikan cara bila berminat untuk mulai menanam sawi hijau pada pekarangan rumah. Terlebih pembudidayaannya mudah dirawar dan tidak butuh waktu lama.

"Untuk memilih benih sawi hijau, benih yang dipilih harus berbentuk bulat kecil. Untuk warna bibih sendiri harus berwarna cokelat kehitaman, bertekstur agak keras dan permukaan licin dan mengkilap," tulis Instagram @kementerianpertanian, Selasa (18/8/2020). 

Kemudian dalam tahap penanaman, yang perlu dipersiapkan pertama kali yakni polybag dengan diameter 15 cm. Polybag tersebut lalu diisi dengan tanah humus atau tanah yang dicampur dengan pupuk kompos.

Baca Juga: Ubah Tampilan Dapur Jadi Lebih Semangat dan Produktif Selama Pandemi

"Tanam benih sawi yang sudah menjadi bibit. Satu polybag bisa untuk 2-3 bibit." jelas Kementan.

Perawatannya mudah yakni hanya dengan penyiraman dua kali pada saat pagi dan sore. Pemupukkannya juga menggunakan pupuk organik cair.

Sawi hijau ini dapat dipanen setelah berumur dua bulan. Dan untuk menjaga agar sawi tahan lama, petik sawi hijau dari daun satu per satu.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini