5 Hal Wajib Diperhatikan Sebelum Investasi Ruko

Safira Fitri, Jurnalis · Minggu 16 Agustus 2020 22:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 16 470 2263021 5-hal-wajib-diperhatikan-sebelum-investasi-ruko-Iu2kGnoYTe.jpg Investasi Ruko Menjanjikan saat Ini. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Berinvestasi di sektor ruko menjadi pilihan cukup menjanjikan saat ini. Kecermatan dan kehati-hatian menentukan apakah konsumen mendapatkan keuntungan atau justru kerugian.

Ada beberapa pilihan investasi di ruko, selain bisa digunakan untuk membuka usaha, bisa juga disewakan dalam jangka panjang, atau bahkan dijual kembali.

Namun, agar keinginan mendapatkan keuntungan besar bisa terlaksana, maka perlu berhati-hati dalam memilih dan membeli ruko, khususnya yang baru dibangun. Sikap hati-hati diperlukan agar konsumen tidak dirugikan dengan tawaran manis para pengembang.

Baca Juga: Ubah Tampilan Dapur Jadi Lebih Semangat dan Produktif Selama Pandemi

Seperti melansir dari buku "Kiat Sukses Bisnis, Kiat Sukses Kerja" oleh Ichsanudin, Jakarta, Minggu (16/8/2020), berikut merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli ruko baru.

Pertama, pilihlah ruko yang memiliki prospek dan potensi bisnis yang besar. Misalnya, yang berada di kawasan yang sudah jadi, pusat bisnis atau kegiatan komersial, jasa dan perdagangan.

Baca Juga: Percantik Rumah dengan Pasang Partisi, Coba Caranya di Sini

Selain karena lokasinya yang strategis, ruko yang dibangun di tempat tersebut harganya cenderung naik. Ini akan menjadi potensi keuntungan yang cukup besar.

Kedua, jangan terbuai oleh bujuk rayu pengembang. Berpikirlah kritis dan jernih terhadap semua informasi yang disampaikan pengembang. Lakukan peninjauan ke lokasi dan perhatikan tingkat hunian kompleks ruko tersebut.

Sebab, tingkat hunian ini menjadi salah satu patokan konsumen untuk membeli ruko.

Ketiga, pastikan kualitas bangunan ruko baik dan tanpa cacat. Yang tak kalah penting adalah reputasi pengembang yang bersangkutan. Pilihlah ruko yang dibangun oleh pengembang yang sudah terpercaya serta memiliki reputasi dan track record yang baik.

Kalau perlu konsumen mengecek hasil pembangunan ruko yang dilakukan pengembang sebelumnya.

Keempat, pengembang biasanya sering mengadakan gathering untuk konsumen atau calon konsumen. Sedapat mungkin hadirilah pertemuan semacam itu. Carilah informasi selengkapnya dari pengembang tentang ruko yang dibangun. Saling bertanya dan bertukar informasi dengan sesama pembeli juga perlu dilakukan.

Kelima, belilah ruko langsung dari pengembangnya. Sebisa mungkin hindari membeli ruko dari broker yang memberikan penawaran-penawaran tertentu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini