Percantik Rumah dengan Pasang Partisi, Coba Caranya di Sini

Koran SINDO, Jurnalis · Kamis 13 Agustus 2020 11:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 13 470 2261484 percantik-rumah-dengan-pasang-partisi-coba-caranya-di-sini-OqpYYzgZfQ.jpg Pasang Partisi di Rumah. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

 JAKARTA - Ruangan di dalam rumah biasanya dipisahkan dinding yang kokoh. Tapi terkadang dinding saja tidak cukup. Pembagi ruangan atau partisi juga bisa dibuat aksen utuk mempercanyik ruangan.

Desainer Interior Arsindo Cipta Karya Indonesia Dede Purwanto menjelaskan, partisi sering terlihat di ruang kantor untuk area staf, biasanya menggunakan yang tidak terlalu tinggi, yakni berupa cubicle dengan tinggi 1,2-1,4 meter dari plywood atau kaca.

Di rumah, partisi ini berguna untuk memisahkan ruang publik dan semi publik. Misalnya, pemisah ruang tamu dan ruang keluarga.

Baca Juga: Cara Bikin Rumah dengan Suasana Alam Meski di Tengah Kota

"Biasanya sengaja tidak dibuat tinggi sampai plafon dan full menutup ruang, hanya setinggi orang dewasa antara 1,8-2,2 meter," ujarnya, seperti dikuti dari Koran Sindo, Jakarta, Kamis (13/8/2020).

Partisi tidak dibuat setinggi plafon, terutama jika Anda lebih memilih desain sederhana tanpa fitur dan aksesoris dekoratif tambahan, seperti kayu lapis dan binhkai dari potongan kayu. Bahan lain yang dibutuhkan untuk membuat proyek ini hanya sekrup, pernis kayu, cat, paku, lem kayu, dan alat-alat dassar.

Baca Juga: 5 Cara Memilih dan Merawat Lantai Marmer agar Tetap Mewah

Partisi juga tidak melulu dibuat sendiri, misalnya menggunakan tirai yang dapat efisien membantu Anda, secara visual ingin memisahkan area dari sisi ruangan. Terkadang tirai dimaksudkan untuk memberi ruang privasi atau menyembunyikan sesuatu seperti tempat tidur pada siang hari saat Anda tidak menggunkannya.

Pintu-pintu geser juga dapat dibuat menjadi partisi. Pintu ini dapat dibuat polos atau diberi aksen unik seperti gambar atau ukuran kayu. Bentuk pintu geser,dapat dibuat juga jendela. Mengenai pintu geser sebagai pembagi ruang, roda menambahkan banyak fleksibilitas dan kebebasan.

Dede mengatakan, partisi jika ingin dibuat estetika di ruangan sebaiknya tidak terlau tebal dan ringan. Kemudian pemilihan material finishing menyesuaikan warna dan nuansa ruang yang diinginkan.

"Cat glossy dapat memberi kesan mewah walau ruang terbatas, dibantu dengan pemilihan lampu dan lainnya. Sehingga semuanya saling melengkapi. Partisi dibuat unik, juga dapat sebagai vocal point." tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini