Renovasi Sarinah Pertahankan Cagar Budaya

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 18 Agustus 2020 20:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 18 470 2264121 renovasi-sarinah-pertahankan-cagar-budaya-JWbE7jY8AE.jpg Renovasi Gedung Sarinah. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Direktur Utama Sarinah Fetty Kwartati memastikan pemugaran Gedung Sarinah tak akan menghilangkan cagar budaya yang dahulu sudah pernah ada. Pihaknya memastikan bila pembangunan sudah mendapat persetujuan dari Tim Sidang Pemugaran (TSP) DKI Jakarta.

“Pemugaran Sarinah ini sudah mendapatkan rekomendasi dari Tim Sidang Pemugaran cagar budaya, jadi memang sudah memperhatikan aspek-aspek yang akan dipertahankan,” kata Fetty di Jakarta Pusat, Selasa (18/8/2020).

Baca Juga: Jejak Karier Bos Baru Sarinah Fetty Kwartati

Dia menyebut, nilai-nilai sejarah akan tetap dipertahankan dan menjadi kekuatan tersendiri bagi Sarinah. Salah satunya, kolam pantul yang akan menjadi objek bagi para turis-turis untuk datang melihat ikon bersejarah tersebut.

“Misalnya ada kolam pantul adalah memunculkan kembali cagar budaya atau histori yang sudah ada di Sarinah sebelumnya. Turis-turis untuk datang melihat heritage tersebut,” ujarnya.

Baca Juga: Erick Thohir Rombak Direksi Sarinah, Fetty Kwartati Jadi Dirut

Dia menambahkan, pihaknya juga akan membangun museum sejarah berdirinya Gedung Sarinah. Nantinya, para wisatawan atau pelancong yang berbelanja pun bisa melihat keunikan dan cerita bersejarah saar awal-awal bangunan itu didirikan.

“Museum Sarinah yang nanti kami akan bangun dengan relieve sejarah dan momentum tahun 1960 itu menjadi edukasi yang juga bisa kita kaitkan dengan gerakan lokalitas, sehingga mereka bisa semakin mengenali Indonesia dan semakin mencintai produk lokal dan histori kita,” kata dia.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini