Industri Tekstil Nasional Perlahan Mulai Pulih dari Covid-19

Aditya Pratama, Jurnalis · Rabu 19 Agustus 2020 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 19 320 2264406 industri-tekstil-nasional-perlahan-mulai-pulih-dari-covid-19-NtLMVxjdU1.jpg Bisnis (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Sekretaris Eksekutif Asosiasi Pertekstilan Indonesia Rizal T Rakhman menyebut kondisi industri tekstil nasional perlahan kembali meningkat. Sebelumnya, di masa awal pandemi Covid-19 industri ini mengalami pukulan yang cukup dalam.

Rizal menjelaskan, kondisi industri tekstil di tengah pandemi mulai dari Februari 2020 hingga saat ini sebetulmua masih dalam tekanan yang cukup berat, tapi sejak bulan Juli kondisinya mulai berangsur lebih baik daripada bulan Mei dan Juni.

"Mei dan Juni adalah puncak tekanan terhadap industri sektor tekstil. Di Juli produksi rata-rata sudah hampir mendekati 50% bahkan garmen mungkin sudah lebih dari itu, ini dipicu awalnya oleh pembukaan PSBB sehingga pusat tekstil nasional kita dibuka," ujar Rizal dalam acara Market Review IDX Channel, Rabu (19/8/2020).

Baca Juga: Warning! Impor Tekstil Ilegal Hantui Indonesia, Ini Bahayanya 

Meskipun perdagangan belum normal, dia menyebut situasi saat ini bisa memicu kondisi untuk lebih baik. Tetapi, kondisi saat ini belum seutuhnya performnya sesuai yang diinginkan karena daya beli yang turun.

"Survive kita masih harus tetap optimis, karena industri ini sektor manufaktur, sektor prioritas kita memperkerjakan begitu banyak karyawan, jadi opsi kita lebih baik bertahan survive daripada ketika kita harus memulai dari ketika tutup dan mulai lagi dari awal lebih sulit," ucapnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini