Pekarangan Kantor Disulap Jadi Lahan Tanam Instagramable

Haryanto, Jurnalis · Rabu 19 Agustus 2020 12:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 19 470 2264382 pekarangan-kantor-disulap-jadi-lahan-tanam-instagramable-xbYegNBe6h.jpg Pekarangan Kwarda wilayah Bangka Belitung (Foto: Haryanto/Okezone)

PANGKALPINANG – Kwarda wilayah Bangka Belitung mempunyai cara unik tersendiri dalam mendukung program ketahanan pangan. Yakni dengan memanfaatkan halaman kantor menjadi lahan pertanian yang produktif.

Berbagai jenis tanaman ditata sedemikian rupa hingga membentuk pemandangan indah. Tentunya, pemandangan tersebut sangat cocok jika dijadikan spot untuk Photografi Instagramable.

Dari rekaman drone memperlihatkan ragam tumbuhan yang artistic indah nan menarik. Tanaman tersebut tumbuh subur pada halaman kantor Kwarda Pramuka provinsi Bangka Belitung.

Baca Juga: Manfaat Taman Mungil di Samping Kamar Tidur, Bantu Sirkulasi Udara

Namun, usut punya usut ternyata tanaman yang ditanam merupakan ragam sayur mayur lho. Seperti bayam, sawi, cabai, terong, labu, tomat hingga padi yang berhasil dibudidayakan. Penanaman sayur tersebut memanfaatkan polybag sebagai media tanam.

Saking menarik perhatian dan unik, kehadiran tanaman ini dijadikan spot sebagai photografi yang banyak diunggah di sosial media. Uniknya, sayur mayur tersebut tumbuh subur dan menghasilkan bak ditanam pada perkebunan.

taman

Keistimewaan pada sayur mayur dan padi ini adalah dikembangkan secara organik oleh Pihak Kwarda Pramuka Provinsi Bangka Belitung. Dan, penanaman ini merupakan tanaman bebas dari pupuk ataupun pestisida kimia.

Hasil dari budidaya di pekarangan kantor kwarda ini sebagian dibagikan untuk para anggota pramuka dan sebagian lagi dijual ke pasar untuk menanamkan jiwa wira usaha bagi anggota pramuka. Diharapkan ke depannya, gerakan pemanfaatan lahan tidur termasuk pekarangan perkantoran di Bangka Belitung akan dimaksimalkan. Sekaligus guna mendukung ketahanan dan swasembada pangan masyarakat Bangka Belitung.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini