Beli Kendaraan di Tengah Ancaman Resesi, Tepatkah?

Natasha Oktalia, Jurnalis · Rabu 26 Agustus 2020 16:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 26 320 2267877 beli-kendaraan-di-tengah-ancaman-resesi-tepatkah-AXsc9VHcUT.jpg Mobil (Foto: Okezone)

JAKARTA - Di tengah masa sulit pandemi membuat sebagian besar orang memikirkan untuk mencari penghasilan tambahan. Tidak sedikit juga dari mereka yang menjual harta benda berharga seperti kendaraan motor atau mobil pribadi.

Biasanya harga kendaraan yang ditawarkan oleh orang yang kepepet lebih murah. Hal ini bisa menjadi godaan bagi orang yang belum memiliki mobil untuk membelinya. Namun, apakah membeli kendaraan adalah hal yang tepat di tengah ancaman resesi ekonomi?

Perencana Keuangan Andreas Freddy Pieloor Chief Financial Counselor MONEYnLOVE Financial Consultant mengatakan, saat mendapat tawaran untuk membeli motor atau mobil harus memperhatikan beberapa hal. 

Baca Juga: Manfaatkan Hobi Jalan-Jalan, Begini Cara Sukses Jadi Travel Blogger Berpenghasilan

Perhatikan terlebih dahulu mengenai kebutuhan saat ini. Jika dana mencukupi dan kebutuhan tercukupi bisa saja.

"Pastikan kebutuhan kita aman dulu, kalau memang lagi butuh mobil dan dananya ada dan harganya bagus ya bisa saja. Atau, sehabis dibeli lalu dijual lagi juga bisa," papar Andreas kepada Okezone, Rabu (26/8/2020). 

Menurut Andreas, untuk saat ini memang bukan menjadi pilihan tepat untuk membeli motor atau mobil disaat adanya ancaman krisis. Alangkah lebih baik, dana yang ada untuk kebutuhan sehari-hari.

"Buat apa gaya, pentingin kebutuhan sehari-hari dulu," ucap Andreas.

Selain itu, untuk menjaga keuangan saat ini di tengah Pandemi ada baiknya untuk tidak berlaku hidup konsumtif. Atau bisa juga dengan memanfaatkan kondisi seperti ini untuk lebih banyak berkumpul bersama keluarga dirumah.

"Anggaran ke mall yah dipakai uangnya untuk beli makanan dirumah menahan diri juga, ngumpul sama keluarga dirumah kan bisa ya," lanjut Andreas.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini