Freeport Minta Tunda Bangun Smelter, Anggota DPR Gebrak Meja

Ferdi Rantung, Jurnalis · Kamis 27 Agustus 2020 15:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 27 320 2268376 freeport-minta-tunda-bangun-smelter-anggota-dpr-gebrak-meja-dZwirDogY0.jpg Freeport Tak Sanggup Bangun Smelter (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - PT Freeport Indonesia (PTFI) meminta kelonggaran waktu hingga 2024 untuk menyelesaikan pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian mineral atau smelter di Gresik, Jawa Timur. Hal ini rupanya membuat sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) geram.

Salah satu anggota Komisi VII DPR yang marah dalam rapat dengar pendapat itu Marthen Douw dari Fraksi PKB. Bahkan, dirinya sampai menggebrak meja.

"Ini ada satu perumpamaan misalnya, rambutan di rumah saya dipanen tetangga. saya marah tidak? Marah. Sama pula seperti Freeport. Pimpinan mohon, saya sakit, tolong pimpinan jadwal ulang untuk hal ini," katanya dengan nada tinggi sambil gebrak meja di Komisi VII DPR Jakarta, Kamis (27/8/2020)

Baca Juga: Tak Sanggup, Freeport Minta Pembangunan Smelter Ditunda hingga 2024 

Sementara Anggota Komisi VII Rofik Hananto dari fraksi PKS mengatakan bahwa pihaknya menolak pembangunan smelter diundur. Sebab, penundaan pembangunan itu akan merugikan bangsa Indonesia.

"Kami dari fraksi PKS tidak setuju dengan alasan apapun kalau pembangunan smelter ditunda," terangnya

Menurutnya, jika pembangunan ini diundur maka akan melanggar undang-undang. Demikian pula dengan pemerintah, jika memberikan kelonggaran maka pemerintah juga melanggar undang-undang..

Sedangkan, anggota Komisi VII dari fraksi Partai Golkar Rudy Mas'ud menyatakan tak seharusnya pandemi menjadi alasan molornya smelter Freeport. Jika terus ditunda, dia menilai pencemaran alam di Papua akan terus berlanjut dan merugikan masyarakat sekitar.

"Saya berharap covid-19 bukan jadi alasan hambatan pembangunan smelter Freeport. Tidak gentlemen sekali, ini bukan perjanjian antara Freeport tapi multilateral," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini