Ingin Bikin Perpustakaan Mini di Rumah? Perhatikan 4 Hal Ini

Natasha Oktalia, Jurnalis · Kamis 27 Agustus 2020 22:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 27 470 2268466 ingin-bikin-perpustakaan-mini-di-rumah-perhatikan-4-hal-ini-5gvBIF7svE.jpg Perpustakaan (Shutterstock)

JAKARTA - Mempercantik rumah tidak hanya dengan menata dan meletakan hiasan bahkan panjangan. Namun juga dengan menghadirkan home library.

Meski identik dengan lemari atau rak buku, perpusatakaan ini tidak hanya semata-mata rak buku. Tapi dilengkapi pula dengan aksesori atau perabot yang terdapat di perpustakaan.

 Baca juga: Ciptakan Ruang Keluarga Nyaman tapi Stylish, Kap Lampu Jadi Solusi

Menghadirkan home library di rumah tentunya dapat meningkatkan produktivitas penghuni rumah tersebut lho. Untuk menambah kesan nyaman pada home library dapat ditambah dengan meletakan sofa serta meja atau furnitur pendukung lainnya.

Namun membuat home library juga berarti menyimpan, menempatkan, mengatur, dan mengelola koleksi buku agar mudah diakses. Untuk itu dibutuhkan pula upaya meng-organize buku agar ruang home library semakin tertaur.

 Baca juga: Ingin Ruangan Sempit Terasa Lega? Begini Caranya

Melansir dari buku Ragam Inspirasi Perpustakaan Rumah karya Isa Jatinegara dan Luna Mantyasih, Jakarta, Kamis (27/8/2020), berikut beberapa tips pengaplikasian pengaturan buku home library:

1. Tata perpustakaan menjadi lebih teratur dengan menyusun koleksi melalui penamaan. Misalnya, berdasarkan judul, pengarang, minat atau tebal buku.

2. Untuk penempatan pada rak, buku dapat disusun dengan cara mengelompokkan koleksi buku berdasarkan pembaca.

 Baca juga: Produktif Selama WFH, Yuk Bikin Ruang Kerja yang Nyaman Selama di Rumah

3. Sebaiknya buku yang sering dibaca diletakkan pada area yang mudah dijangkau. Agar memudahkan saat ingin dibaca kembali.

4. Buat catatan peminjaman, agar tidak saling menyalahkan jika ada koleksi yang hilang. Jangan lupa, letakan dan kembalikan setelah selesai dibaca ya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini