Program Bantuan UMKM, Jalan Baru untuk Kredit Perbankan

Ferdi Rantung, Jurnalis · Jum'at 28 Agustus 2020 18:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 28 320 2269131 program-bantuan-umkm-jalan-baru-untuk-kredit-perbankan-LZAc5xG18W.jpg Pemerintah Akan Beri Kredit Lunak Bunga 0% kepada UMKM. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah berencana membuat program lanjutan bantuan untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Bantuan itu bersifat kredit lunak dengan bunga 0%.

Ketua Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi (Satgas PEN) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, hal ini bisa membuat potensi baru bagi penyaluran kredit baru perbankan.

Baca Juga: BLT Subsidi Gaji Rp1,2 Juta Jadi Penyelamat saat Gaji Dipotong Perusahaan

"Jadi sasaran dari program kredit lunak ini para pengusaha mikro dan kecil yang belum tersentuh perbankan," ujar Budi dalam jumpa pers secara daring, Jumat (28/8/2020).

Baca Juga: Usai Banpres Rp2,4 Juta, Jokowi Kasih Kredit Bunga 0% untuk UMKM

Budi menjelaskan, program ini merupakan lanjutan dari bantuan hibah Banpres Produktif Usaha Mikro yang sebesar Rp2,4 juta. Menurutnya, program ini membuka pintu bagi perbankan melihat usaha mikro yang belum tersentuh pendanaan.

"Ada potensi 15 juta usaha mikro yang bisa digarap perbankan nantinya, karena sudah masuk pendataan oleh Kemenkop UKM," jelasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini