Bingung Punya Ruang di Bawah Tangga untuk Apa, Begini 6 Cara Menyiasatinya

Safira Fitri, Jurnalis · Minggu 30 Agustus 2020 22:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 30 470 2269904 bingung-punya-ruang-di-bawah-tangga-untuk-apa-begini-6-cara-menyiasatinya-Qg6KBaT9uc.jpg Tangga (Shutterstock)

JAKARTA - Seringkali ruang pada bawah tangga di rumah diabaikan. Tak sedikit pula dibiarkan kosong begitu saja, atau bahkan dijadikan tempat menumpuk barang yang tidak digunakan.

Padahal, ruang tersebut dapat difungsikan dengan maksimal. Selain itu juga menjaga estetika ruang dalam rumah.

 Baca juga: Begini buat Rumah Jadi Terang Tanpa Banyak Lampu

Seperti melansir dari buku "34 Inspirasi Ruang Bawah Tangga" oleh Ir. Lubab, MT, Ira Humairo, Rizky Ananda Putri Inaray, Jakarta, Minggu (30/8/2020), berikut ini adalah beberapa inspirasi ruang bawah tangga:

1. Bag Hanger

Jika gemar mengoleksi tas, tentu tidak akan melewatkan tren yang muncul. Pemanfaatan ruang bawah tangga sebagai penyimpanan koleksi tas dapat menjadi solusi.

 Baca juga: Ingin Bikin Perpustakaan Mini di Rumah? Perhatikan 4 Hal Ini

Rak kecil dipasang horizontal dan diberi penutup agar tas tidak gampang berdebu, mudah dicari, dan memiliki nilai estetika. Tambahkan gantungan di lemari untu menggantung tas berukuran kecil.

Warna dominan yang dipilih adalah warna netral, seperti cokelat tua, putih, dan krem untuk memberikan kesan lebih luas. Rak-rak tersebut juga dapat digunakan untuk menyimpan troli atau trunk dan berbagai case lainnya pada bagian-bagian yang ada.

2. Playhouse Pirate

Ruang khusus bermain bagi anak yang memanfaatkan ruang di bawah tangga dapat beragam desainnya. Hal ini bergantung kebutuhan dan selera penghuni. Dengan konsep bajak laut, ruang ini dapat disulap menjadi mirip kabin kapal bajak laut.

Penutup ruangan didesain berbentuk kapal sekaligus sebagai pintu. Perbedaan tinggi ruangan bawah tangga dengan ruang lainnya yang dapat dikreasikan seolah menjadi ombak, sedangkan ornamen lain seperti peti harta karun diletakkan di sudut untuk memperkuat tema.

3. Ruang Santai

Ruang santai yang berada di bawah tangga memberikan kesan tersembunyi dan memberikan privasi untuk menenangkan pikiran. Desain tangga tidak tertutup dan memberikan kesan sederhana.

Warna cokelat memberikan kesan natural terasa simpel dan nyaman. Warna dinding abu-abu memberi kesan redup dan sejuk. Untuk memberi aksen, dinding dapat ditambahkan lukisan bertema surealis.

4. Rak TV

Pemanfaatan ruang bawah tangga sebagai rak TV merupakan pilihan yang cukup simpel, tetapi memiliki banyak manfaat. Tambahkan meja di bawah TV dan rak yang diletakkan secara vertikal di sudut ruangan dan sudah diberi sekat sebagai tempat untuk menyimpan audio pendukung lain.

5. Ruang Baca

Menjadikan ruang bawah tangga sebagai ruang baca tidak terlalu membutuhkan banyak perubahan dan tambahan barang. Dapat menempatkan lemari kecil sebagai tempat menyimpan buku dan juga membuat rak buku minimalis yang didesain menyerupai dahan sebuah pohon.

Sebagai tempat membaca, dapat menyediakan karpet dan beberapa bantal dan juga beberapa meja minimalis. Sentuhan warna cokelat dan putih yang mendominasi lantai dan dinding ruang baca membuat ruangan nyaman.

6. Ruang Belajar Anak

Desain ruang belajar anak yang menyatu dalam kamar tidur ini berkunsep wood, sehingga materialnya pun berbahan kayu. Rak buku desainnya mengikuti alur bentuk tangga dengan banyak ruang untuk mengakomodir kebutuhan anak.

Konsep ini juga dapat dibuat terpisah dari kamar tidur. Penempatan rak tempel pada dinding berbentuk unik memberikan variasi. Pewarnaan yang selaras dengan ruang sekitar memberi kesan luas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini