BPS Sebut Jumlah Populasi Bisa Tentukan Masa Depan Pembangunan Indonesia

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 31 Agustus 2020 13:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 31 320 2270151 bps-sebut-jumlah-populasi-bisa-tentukan-masa-depan-pembangunan-indonesia-hVNV4GsdUy.jpg Pembangunan Ekonomi (Shutterstock)

JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) menilai jumlah populasi di Indonesia sangat penting untuk pembangunan. Hal ini sesuai dari tujuan sensus penduduk 2020.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, jumlah penduduk yang nantinya akan dihitung dengan menggunakan data sensus secara online. Hal ini bisa menjadi gambaran perkembangan Indonesia pada masa depan.

 Baca juga: BPS Bakal Buka Lowongan 274.000 Petugas Sensus

"Jadi populasi penduduk ini bisa mmperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar. Karena itu kita lakukan pendaataan populasi penduduk untuk mengantisipasi apa yang terjadi di Indonesia," Suhariyanto dalam preskon virtual, Senin (31/8/2020).

Dia mencatat sebanyak 51,4 juta penduduk Indonesia telah berpartisipasi dalam sensus penduduk online. Hal ini cukup menggembirakan, lantaran ini merupakan pertama kalinya sensu penduduk dilaksanakan secara daring (online).

 Baca juga: Hari Terakhir Isi Sensus Penduduk Online, Begini Caranya

“Telah dilaksanakan sejak tanggal 15 Februari sampai dengan tanggal 29 Mei 2020, sebanyak 51,4 penduduk telah ikut berpartisipasi," katanya.

Dia menambahkan kan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir jika didatangi oleh petugas BPS.

“Dengan demikian, kami berharap yakin dan dapat menerima petugas yang tanpa harus merasa takut akan terdapat terpapar virus Covid-19 dari petugas sensus penduduk yang akan datang untuk menjaga pencacahan lapangan yang akan dimulai besok pada tanggal 1 September (2020),” tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini