Jelang Musim Tanam, Bagaimana Stok Pupuk Subsidi?

Michelle Natalia, Jurnalis · Senin 31 Agustus 2020 13:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 31 320 2270160 jelang-musim-tanam-bagaimana-stok-pupuk-subsidi-6Qn9NA3Z7v.jpg Mentan Pastikan Stok Pupuk Subsidi. (Foto: Okezone.com/Kementan)

JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memastikan ketersediaan jumlah pupuk subsidi yang akan didistribusikan guna meningkatkan produksi dan kesejahteraan petani.

"Hari ini kita melihat seperti apa ketersediaan pupuk yang mampu diserap, dan cukup aman ketersediaannya di wilayah Indonesia, dari tiga provinsi sebagai sampling pupuk cukup tersedia." ungkap Mentan di Jakarta, Senin (31/8/2020).

Baca Juga: Ganja Masuk Daftar Tanaman Binaan, Kementan Angkat Bicara

Dari lokasi tersebut Mentan meminta produsen pupuk, PT Pupuk Pusri wilayah Kalimantan Selatan untuk mendistribusikan stok pupuk yang ada di gudang ke petani di Provinsi Kalimantan Selatan.

Lebih lanjut, Mentan mendapatkan informasi dari Branch Manager PSO PT Pusri bahwa pupuk di arealnya over stock. Oleh karena itu, dirinya berharap stok pupuk dijadikan persediaan untuk musim tanam berikutnya dan penyangga bagi daerah yang kekurangan.

"Kalsel hari ini memiliki over stock, dan kita masuk musim tanam kedua, tenyata hasilnya cukup bagus. Dan over stock pupuk bisa digunakan untuk buffer-stock bagi propinsi yang lain, atau persediaan di musim tanam berikutnya." pungkas Mentan.

Baca Juga: Covid-19 Belum Usai, RI Perluas Lahan Pertanian 200.000 Ha

Sebagaimana Permentan Nomor 10 Tahun 2020, pupuk bersubsidi diperuntukkan bagi petani yang telah bergabung dalam kelompok tani yang menyusun e-RDKK. Terkait perihal ini Mentan menginstuksikan jajaran di bawahnya untuk merapihkan gerak lini di hilir subsidi pupuk.

"Industri pupuk bergerak, tinggal lini tiga dan empat, atau dari distributor ke agen, di kecamatan dan desa. Kalau ini bisa jalan di sini, begitu juga dengan propinsi yang lain, kita jemput pembangunan pertanian mulai dari dukungan sarana dan prasarannya." tambahnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini