Manfaatkan Kontainer Bekas, Bisnis Kopi Ini Berawal dari Stasiun Radio

Joe Hartoyo, Jurnalis · Senin 31 Agustus 2020 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 31 455 2270329 manfaatkan-kontainer-bekas-bisnis-kopi-ini-berawal-dari-stasiun-radio-fgAMsZgl3Q.jpg Radio Kopi (Foto: Joe/Okezone)

KEBUMENPasang surut industri radio di tengah pesatnya berbagai macam saluran media informasi dilihat serius oleh salah satu stasiun radio swasta yang berlokasi di Kebumen, Jawa Tengah. Salah satu radio swasta ini adalah stasiun legendaris Kebumen yang berhasil disulap menjadi cafe kekinian sejumlah kalangan.

Berlokasi di Barat Kabupaten Kebumen atau berada di Jalan Yos Sudarso nomor 171 Gombong, Kebumen Jawa Tengah. Radio tersebut berubah menjadi radio kopi namun tetap tidak menghilangkan ciri khas dengan menyematkan nama radio.

Baca Juga: Transformasi Ekonomi, Menko Luhut: UMKM Jangan Hanya Jual Makanan dan Pakaian Saja

Radio kopi kekinian tersebut menjual 10 kopi terbaik nusantara mulai kopi pilihan lokal Kebumen, Gayo Aceh, Kerinci Honey, Bali hingga Toraja. Tentunya para pengunjung pun dapat memilih aneka kopi baik dari Espresso based maupun manual brew.

Cafe tersebut menawarkan sejumlah varian kopi yang menjadi kekayaan alam Indonesia. Dengan mengusung konsep cozy place, sebagian konstruksi bangunan tersebut dibangun di atas lahan bekas stasiun radio dengan pemanfaatan kontainer bekas.

kopi

Sehingga, cafe dengan total tiga lantai tersebut banyak diminati oleh sejumlah kalangan baik muda hingga tua. Biasanya pengunjung menghabiskan waktu untuk melakukan pertemuan atau sekedar tempat untuk bercengkrama.

Dulunya Radio ini menjadi salah satu stasiun radio legendaris yang dimiliki oleh Kabupaten Kebumen. Pendiri dari stasiun radio tersebut turut andil dalam perjuangan di masa kemerdekaan pada bidang informasi publik, ada pula sejumlah toko sejarah di Gombong yang bercerita bahwa pendiri dari radio tersebut ikut dalam masa kemerdekaan yakni pada perjanjian Renvile.

Meski cafe tersebut terkesan mewah, harga yang ditawarkan justru cukup terjangkau. Radio kopi berhasil menjadi satu-satunya cafe dengan alat roaster dengan kemampuan 6 Kilogram (kg) untuk satu kali roasting.

Dengan budget Rp50.000 sudah dapat menikmati sajian dari cafe tersebut, tidak membuat kantong kering kan? Selain itu pengunjung pun dapat menikmati secara langsung akan keindahan kota Gombong dari lantai 2 dan 3 cafe.

Terdapat pula fasilitas penunjang lainnya seperti live musik pada akhir pekan serta fasilitas wifi dan room VIP. Salah satu pengunjung cafe tersebut yakni Cinta (24) mengungkapkan bahwa tempat tersebut susah menjadi tempat rutin dirinya untuk berkumpul bersama temannya. Selain nyaman tentunya cafe tersebut instagramable lho, dan untuk makanan serta minuman tentunya tidak kalah dengan yang lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini