Presiden Jokowi Pamer Ekonomi Papua, Tumbuh Positif dan Tertinggi di Indonesia

Dita Angga R, Jurnalis · Selasa 01 September 2020 11:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 01 320 2270705 presiden-jokowi-pamer-ekonomi-papua-tumbuh-positif-dan-tertinggi-di-indonesia-w2ScwcszXV.jpg Presiden Jokowi (Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan bahwa Papua menjadi provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia saat ini. Di mana, disusul dengan Papua Barat yang juga masih tumbuh positif.

“Ini provinsi yang tertinggi pertumbuhan ekonominya adalah Papua. Papua tertinggi 4,52%. Papua Barat 0,53%, ini masih positif. Yang positif hanya memang Papua Dan Papua Barat,” katanya saat membuka rapat terbatas bersama jajaran kabinet dan seluruh gubernur secara virtual, Selasa (1/9/2020).

 Baca juga: Siap-Siap, RI Bakal Dicap Stempel Resesi pada Oktober

Dia mengatakan daerah yang paling tajam kontraksi pertumbuhannya adalah Bali yakni minus 10,98%.

“Ini karena memang turis wisata betul-betul sangat mendominasi ekonomi di Bali. Sehingga kelihatan sekali pertumbuhan ekonomi di bali terkontraksi tajam," ungkapnya.

 Baca juga: Hati-Hati! Ekonomi Kuartal III-2020 Bakal Minus jika Aktivitas Dibatasi

Selain Bali, DKI Jakarta juga mengalami kontraksi yang tajam yakni minus 8,22%. Lalu DI Yogyakarta minis 6,74%. Sementara untuk provinsi lain rata-rata pertumbuhannya sama seperti ekonomi nasional.

“Sekali lagi saya berharap agar terutama realisasi APBD ini segera betul-betul jadi konsentrasi harian bagi para gubernur. Untuk juga mengingatkan bupati dan walikota yang masih berada di posisi rendah untuk realisasi baik untuk pengadaan barang dan jasa, belanja modal dan bansos,” ujarnya.

“Untuk diingatkan bahwa itu sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi daerah dan menjaga kelangsungan daya beli dan konsumsi rumah tangga masyarakat kita,” pungkasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini