Tak Masalah Lahan Kecil, Begini Cara Tanam Buah di Pot

Safira Fitri, Jurnalis · Selasa 01 September 2020 11:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 01 470 2270675 tak-masalah-lahan-kecil-begini-cara-tanam-buah-di-pot-NKabRNXt3Q.jpg Pot Tanaman Buah (Foto: Instagram Kementan)

JAKARTA - Saat ini, buah nusantara tengah menjadi primadona di kancah internasional. Sebagai masyarakat, sangat bisa membantu untuk memanfaatkan momen tersebut agar menjadi daya saing negara.

Cukup mulai dengan menanam buah di lahan rumah untuk memenuhi kebutuhan buah segar sendiri. Menariknya, selain itu juga bisa sambil menyalurkan hobi berkebun juga.

 Baca juga: Rawat Lingkungan Sedini Mungkin, 4 Cara Ajarkan Anak Berkebun

Meski lahan yang dimiliki terbatas, masih dapat diakali, yakni dengan cara menanam buah dengan teknik tanaman buah dalam pot (Tabulampot). Berikut langkah-langkahnya seperti dilansir dari laman Instagram @kementerianpertanian, Jakarta, Selasa (1/9/2020):

Pertama, siapkan media tanam seperti tanah, kompos, dan arang sekam. Lalu bersihkan dari kerikil dan campurkan bahan secara merata.

 Baca juga: Pekarangan Kantor Disulap Jadi Lahan Tanam Instagramable

Kedua, sediakan pot sesuai ukuran bibit tanaman buah. Awali dengan pot kecil, dan ganti pot sesuai pertumbuhan tanaman.

Ketiga, seminggu awal, simpan tanaman di tempat teduh dan siram tiap pagi dan sore. Setelah seminggu, letakkan di tempat terbuka dan terkena cukup cahaya matahari.

Keempat, saat kemarau, siram tanaman sekali sehari. Saat musim hujan siram ketika medianya terlihat kering saja.

Kelima, pupuk tanaman dengan pupuk organik (kompos, kandang, organing cair) setelah satu bulan. Selanjutnya, pemupukan dilakukan 3 hingga 4 bulan sekali.

Keenam, cegah hama dan penyakit dengan membersihkan gulma dan semak di sekitar tabulampot. Pangkas dahan yang terkena penyakit. Setelah itu, lindungi buah dengan plastik atau jaring pelindung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini