Punya Taman Minimalis di Rumah, Ini Filosofi dari Barat dan Timur

Natasha Oktalia, Jurnalis · Rabu 02 September 2020 10:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 02 470 2271267 punya-taman-minimalis-di-rumah-ini-filosofi-dari-barat-dan-timur-iei6ogksD9.jpg Taman Pot (Shutterstock)

JAKARTA - Minimalis saat ini menjadi tren di segala kalangan. Baik itu dalam segi hunian atau segi taman pelengkap.

Taman minimalis yang diciptakan pada hunian memiliki karakter yang sederhana dan efisien dalam pemakaian ruang serta tergolong mudah untuk pemeliharaan. Hal tersebut tentunya menjadikan taman dengan konsep minimalis digemari banyak pemilik rumah.

Dalam taman minimalis sendiri memiliki dua filosofi, yakni filosofi barat dan timur. Keduanya tentu memiliki pengertian yang berbeda.

 Baca juga: Tak Masalah Lahan Kecil, Begini Cara Tanam Buah di Pot

Mengutip dari buku '40 Inspirasi Desain Taman Minimalis' karya Nirwono Joga dan Ita Puspitasari, Jakarta, Rabu (2/9/2020). Berikut filosofi taman minimalis:

1. Filosofi Barat

 

Filosofi Barat yakni filosofi pada taman minimalis yang cenderung rasional dan fungsional. Lebih menekankan pada fungsi sehingga setiap ruang yang berada di lahan dimanfaatkan sebagai taman.

Ekspresi kejujuran dalam desain filosofi ini sangat dominan, sebab penggunaan material yang polos atau penggunaan elemen dekoratif yang sangat minim. Filosofi Barat juga memiliki tata ruang yang sederhana.

 Baca juga: Ragam Ide Taman Minimalis, Bisa Diterapkan di Rumah

Filosofi Barat terlihat lebih berani dan mempertegas konsep minimalis.

2. Filosofi Timur

Konsep taman pada Filosofi Timur dipengaruhi oleh paham Zen-Budhisme, yakni paham Budha yang sangat filosofi. Filosofi ini tentunya memiliki nilai spiritual.

 Baca juga: Biar Enggak Layu, 5 Langkah Merawat Tanaman Dalam Ruangan

Terdapat kesan jernih, polos, bening dan hening dari konsep tersebut sehingga memberikan suasana tenang dan nyaman dalam ruang yang terbatas.

Taman dengan filosofi ini memiliki filosofi yang berperan sebagai penyelaras antara bangunan dan lingkungan sekitar.Taman ini juga menjadi energi untuk terapi fisik dan spiritual bagi penggunanya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini