Share

7 Tips Rumah Natural, Tanaman Hijau dan Batu Dominan di Setiap Ruang

Safira Fitri, Jurnalis · Rabu 02 September 2020 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 02 470 2271403 7-tips-rumah-natural-tanaman-hijau-dan-batu-dominan-di-setiap-ruang-lqNReWzFOA.jpg Halaman Rumah (Foto: Okezone)

JAKARTA - Suasana alam diyakini memiliki daya tarik tersendiri jika dapat dibawa ke dalam rumah. Selain itu, jika menggunakan tema alam atau natural dalam hunian, diklaim mampu memberikan rasa tenang, damai dan kesejukan di dalam rumah.

Desain rumah natural merupakan desain yang memadukan material dengan kesan alami yang kuat seperti kayu, rotan, bambu atau batu alam. Penataan interior bernuansa natural kerap dihadirkan dalam sesuatu yang berwarna hijau seperti hadirnya tanaman.

Terkait desain rumah natural, berikut tips dalam menata hunian bertema natural seperti dilansir dari buku "Ide Penataan Interior hunian tipe Studio" oleh Andie A. Wicaksono, Rr. Vicky Ariyanti, Jakarta, Rabu (2/9/2020).

Baca juga: Pahami Prinsip Sistem Desain Pencahayaan untuk Ruangan

Pertama, gunakan nuansa cokelat atau warna tanah untuk mengalirkan kesan natural ke dalam ruangan. Warna cokelat paling sering diasosiasikan dengan alam dan juga digunakan pada furnitur kayu karena bersifat netral.

Kedua, pasang beberapa tirai. Dalam penataan ruangan ini, kerai dibuat dari kisi-kisi kayu untuk menguatkan kesan natural dan hangat pada ruangan.

Ketiga, agar senada, pilihlah warna cokelat untuk warna kusen dan kerai atau tirai.

Keempat, gunakan bahan-bahan yang terbuat dari alam atau bambu untuk mendapatkan sentuhan alami pada ruangan.

tanaman

Kelima, pasang wallpaper dengan gambar pemandangan alam, bisa juga digunakan untuk menghadirkan kesan alami.

Keenam, untuk menghadirkan nuansa alam di kamar mandi, pilihlah alat-alat saniter yang unik dan bergaya naturalis atau letakkan beberapa tanaman hijau di dalam kamar mandi.

Ketujuh, pilihlah bahan kayu untuk aksesori dalam kamar atau gunakan pernak-pernik dari batu alam. Bisa juga digunakan bahan yang terbuat dari bambu. Sedikit sentuhan alam di dalam ruangan dapat mengubah suasana kaku dan monoton menjadi luwes.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini