5 Prioritas Utama Ketika Gajian, Nomor 3 Jangan Dilupakan

Safira Fitri, Jurnalis · Rabu 02 September 2020 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 02 622 2271290 5-prioritas-utama-ketika-gajian-nomor-3-jangan-dilupakan-kIqy8v9lLg.jpg Tips Mengelola Keuangan Saat Mendapatkan Gaji. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Sebagian besar pekerja telah menerima gaji bulanan. Supaya terartu dalam penggunaanya, bisa dibuatkan checklist keuangan pada setiap awal bulan.

Perencana Keuangan Prita Ghozie mengatakan checklist keuangan setiap bulan ini sangat membantu dan menjadi pengingat dalam mengurus pemasukan selama sebulan ke depan.

Checklist keuangan juga membantu Prita dalam mengingat kewajiban apa yang harus dibayar setiap bulannya.

Baca Juga: Ada Jam Malam, Pelaku Usaha Bisa Lakukan Hal Ini agar Tetap Untung

"Harus diakui ya, terkadang dengan banyaknya kompartemen pikiran, aku kerap kelupaan satu, dua, atau tiga hal penting dalam pengelolaan keuangan. Itu sebabnya, aku punya checklist keuangan," tulisnya dalam Instagram @pritaghozie, Jakarta, Rabu (2/9/2020).

Menurutnya ada 5 checklist yang harus dibuat pada awal bulan. Pertama, cek kewajiban, yakni meliputi pos living yang terdiri dari pengeluaran wajib dan butuh.

Baca Juga: Ada Jam Malam di Surabaya, Pengusaha Mal Atur Waktu Pulang Pekerja

Untuk kewajiban sendiri pastikan hal-hal seperti jumlah cicilan beserta tanggal bayar, jumlah bayaran untuk sekolah anak, jumlah pengeluaran gaji asisten rumah tangga (bila ada), dan zakat,

Kedua, cek pengeluaran, di mana bagian penting dari pos living pun adalah pembayaran tagihan untuk listrik, air, gas, serta internet/media komunikasi lainnya.

"Lalu, pastikan alokasi bulan ini untuk pengeluaran kebutuhan dasar seperti makanan, minuman, pakaian, dan personal care," tuturnya.

Ketiga, cek dana darurat. Jika jumlah dana darurat belum ideal, utamakan gaji bulan ini untuk dialokasikan lebih dulu ke simpanan dana darurat.

Keempat, cek tabungan plus investasi. Jika masih selalu bertanya-tanya kenapa tidak kunjung terkumpul juga saldo investasi, jawabannya adalah sudah kah membuat auto-debet transfer dari rekening gaji ke rekening untuk investasi?

"Jika belum, segera transfer sekarang juga. Pilih satu tanggal tiap bulan atau satu hari tiap pekan sebagai Hari Nabung dan Hari Investasi," tuturnya.

Kelima, cek 3 hal penting seperti, langganan internet modal WFH dan sekolah online, langganan berbagai media untuk hiburan, dan sudahkah kasih jatah self love buat diri sendiri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini