3 Juta Pekerja Menanti BLT Cair

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 04 September 2020 07:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 03 320 2272229 3-juta-pekerja-menanti-blt-cair-Mydy0FOECF.jpeg Uang Rupiah. Foto: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - Sebanyak 3 juta pekerja pekerja dengan upah di bawah Rp5juta terdaftar sebagai penerima program Bantuan Langsung Tunai (BLT) batch kedua dari Kemenaker. Namun, Kemenaker tak bisa langsung mentransfer dana BLT sebesar Rp 1,2 juta karena masih harus menunggu proses validasi data dari BPJS Ketenagakerjaan.

"“Iya (pekan ini ditransfer). Batch kedua secara sistem sudah diserahkan. Prosedurnya setelah kami terima data dari BPJS Ketenagakerjaan, kami akan kroscek untuk melihat kesesuaian datanya. Kami butuhkan sekarang adalah berita acara dan surat pernyataan dari BP Jamsostek bahwa data itu valid,” kata Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah di Jakarta Kamis (3/9/2020).

 

Dia menjelaskan, setelah menerima persyaratan itu, pihaknya langsung mengajukan permohonan dana ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). Pasalnya, jika BPJS Ketenagakerjaan tak melengkapi berita acara dan surat penyataan tersebut, maka BLT tak akan cair ke rekening pekerja.

“(Berita acara dan surat penyataan dari BP Jamsostek) Dasar kami untuk proses ke KPPN. Dari KPPN langsung disampaikan ke bank penyalur. Bank penyalur langsung ke rekening pekerja. Itu mekanisme yang sama di batch pertama dan kedua,” ujarnya.

Baca Selengkapnya: Cek Rekening, BLT Gaji Rp1,2 Juta untuk 3 Juta Pekerja Segera Ditransfer

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini