Hiasi Rumah dengan Tanaman Stroberi, Begini Caranya

Natasha Oktalia, Jurnalis · Kamis 03 September 2020 10:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 03 470 2271889 hiasi-rumah-dengan-tanaman-stroberi-begini-caranya-uOXfExzWhF.jpg Stroberi (Shutterstock)

JAKARTA - Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan dirumah selama masa Pandemi yakni berkebun. Walaupun dirumah, tetap harus produktif kan?

Stroberi bisa menjadi salah satu buah yang digemari oleh setiap orang, baik kalangan muda hingga tua. Stroberi juga merupakan salah satu buah yang dapat tumbuh di pekarangan rumah lho.

 Baca juga: Rawat Tanaman di Rumah, Hati-Hati dengan Penggunaan Pestisida

"Buah cantik yang menggoda dengan rasa asam manis ini cukup mudah dirawat dan bisa dipanen sepanjang waktu loh!" tulis akun instagram @kementerianpertanian, Jakarta, Kamis (3/9/2020).

Oleh karena itu, berikut cara menanam stroberi di rumah:

1. Bibit

Bibit dari buah stroberi ini mudah untuk didapatkan, sebab banyak toko yang menjual bibit buah tersebut. Selain itu, batang stroberi tua dapat digunakan sebagai cikal bakal tanaman.

 Baca juga: Rawat Tanaman Semak di Rumah, Rahasianya Pakai Pupuk Akar dan Daun

2. Media Tanam

Untuk media tanam dari buah stroberi dapat menggunakan tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1. Jangan lupa untuk menyiapkan lubang guna penanaman stroberi sedalam 10 hingga 20 cm.

3. Hindari Pemakaian Pot

Hindari penggunaan pot atau polybag bekas penanaman tomat atau cabai, sebab akan menyebabkan adanya jamur pada stroberi.

4. Perawatan

Siram stroberi secara rutin ya, di pagi dan sore hari dan jangan lupa untuk memberikan pupuk organik secara rutin.

5. Hama dan Penyakit

Sayangnya stroberi ini sangat rentan dari serangan serangga dan jamur. Oleh karena itu, berikan stroberi insektisida dan fungisida.

6. Panen

Panen stroberi bisa dilakukan setelah dua bulan penanaman. Panen stroberi di waktu pagi atau sore hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini