Daftar Negara Investasi dengan Dana Abadi di Indonesia, Ada China hingga AS

Rina Anggraeni, Jurnalis · Sabtu 05 September 2020 09:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 05 320 2272982 daftar-negara-investasi-dengan-dana-abadi-di-indonesia-ada-china-hingga-as-gK8v4Ap8ct.jpg Ekonomi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah memastikan banyak negara yang minat berinvestasi dengan dana abadi atau Sovereign Wealth Fund (SWF) di Indonesia.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Amerika Serikat, China, Australia dan Korea Selatan ikut berinvestasi di Indonesia dengan SWF.

"Yang masuk ikutan (Sovereign Wealth Fund/ SWF) kayak Abu Dhabi, Amerika Serikat, Australia dan Korea Selatan. Ini menandakan Indonesia tempat menarik berinvestasi," kata ujar Luhut saat menjadi acara Narasumber Program iNews After Hours with Helmi Yahya di Gedung iNews, Jakarta, Jumat (4/9/2020) malam.

Baca Juga: Menko Luhut Buka-bukaan Nasib Ibu Kota Baru, Jokowi Putuskan November 

Kata dia (Sovereign Wealth Fund/ SWF) baru pertama di Indonesia. Meskipun tertinggal dari negara lainnya yang sudah menggunakan SWF ini, Luhut berkeyakinan masih akan meningkatkan investasi di Indonesia.

"Kita emang ketinggalan dibandingkan Singapura, India yang sudah punya 10 tahun lalu. Tapi kita emang baru itu masih akan tetap membuat investasi akan semakin meningkat," katanya

Luhut menambahkan, Presiden Joko Widodo terus menciptakan inovasi baru untuk menggairahkan investasi di Indonesia. "Ini Presiden menciptakan hal-hal baru yang mana menciptakan generasi baru. Kita pakai dana abadi ini untuk investasi bukan utang," tandasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini