Share

Diprotes, Tarif Tol Jakarta-Bandung Tak Jadi Naik

Dani Jumadil Akhir, Okezone · Sabtu 05 September 2020 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 05 320 2273028 diprotes-tarif-tol-jakarta-bandung-tak-jadi-naik-74j4SnmrKV.jpg Jalan Tol (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif jalan Tol Cipularang dan jalan Tol Padaleunyi yang sebelumnya diberlakukan penyesuaian tarif pada hari ini. Diskon tarif ini mengembalikan tarif tol semua sebelum adanya kenaikan khususnya pada golongan I.

Dengan adanya kebijakan ini, maka tarif tol Jakarta-Bandung khusus golongan I tidak naik menjadi Rp61.000. Tarif tol Jakarta-Bandung tetap Rp58.000.

Baca Juga: Protes, Ridwan Kamil Minta Kenaikan Tarif Tol Jakarta-Bandung Ditunda 

Setelah adanya pemberlakuan tarif tol untuk jalan tol Cipularang-Padaleunyi pada hari ini pukul 00.00 WIB, Jasa Marga selaku BUJT mendapatkan respons dari masyarakat dan dengan mempertimbangkan masukan-masukan tersebut Jasa Marga mengambil inisiatif untuk memberlakukan diskon tarif untuk kendaraan pribadi (golongan I).

“Diskon yang diberlakukan adalah diskon tarif untuk golongan I. Dengan adanya diskon ini maka pengguna jalan tol golongan I membayar tarif sesuai dengan jumlah semula sebelum tarif disesuaikan (tarif awal). Dikarenakan perlu penerapan setting sistem peralatan, maka diskon tarif ini berlaku mulai hari Minggu (6/9/2020) pukul 00.00 WIB,” kata Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Sabtu (5/9/2020).

Baca Juga: Kini Tarif Tol Jakarta-Bandung Naik Jadi Rp61.000 

Adapun untuk pengguna jalan dengan golongan II-V, tetap berlaku tarif baru setelah disesuaikan karena Jasa Marga menegaskan bahwa pada penyesuaian tarif tol Cipularang & Padaleunyi terdapat penurunan tarif untuk kendaraan logistik Gol III dan Gol V sebagai salah satu upaya dalam mendukung aksesibiitas logistik nasional.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Padaleunyi yang dikelola oleh Jasa Marga berdasarkan regulasi seharusnya telah disesuaikan pada Februari tahun 2020.

Dwimawan Heru mengatakan bahwa Jasa Marga telah menerima Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk penyesuaian tarif tol tersebut pada bulan Juni dan Juli 2020 lalu.

“Memang baru direncanakan akan diberlakukan di bulan September tahun 2020. Dapat kita lihat, adanya penundaan penyesuaian tarif tol selama kurang lebih 7 bulan tersebut menandakan bahwa Pemerintah dalam hal ini diwakili oleh Kementerian PUPR dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dalam hal ini Jasa Marga, telah mempertimbangkan dampak dari pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) terhadap ekonomi masyarakat,” kata Heru.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini