Beli Barang Bekas Bisa Untung? Begini Caranya

Safira Fitri, Jurnalis · Minggu 06 September 2020 15:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 06 622 2273418 beli-barang-bekas-bisa-untung-begini-caranya-TwS2MytdNL.jpeg Tips Mengatur Keuangan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Secara umum, belanja di second market mempunyai keuntungan secara finansial, karena harga relatif murah dengan fungsi relatif bagus. Selain itu, dengan beli barang bekas juga sama dengan berpartisipasi sebagai penyelamat lingkungan.

Melansir dari buku Cerdas Kelola Keuangan Keluarga oleh Winny Lukman, Hera Budiman, Finika Naturina Novianti, dkk, Jakarta, Minggu (6/9/2020), salah satu cara berhemat sekaligus save environment ialah dengan memanfaatkan kembali suatu barang.

Baca Juga: Kelola Gaji Sehat, Jangan Terlalu Banyak Gaya Salah Satunya 

Berikut adalah tips membeli barang bekas yang menguntungkan.

Pertama, pilih barang yang ketahanannya sudah teruji. Hal ini bisa dilihat dari merek dan bagaimana review-nya. Jika membeli barang elektronik, pilih yang masih bergaransi atau setidaknya tidak jauh dari tahun produksi.

Kedua, teliti sebelum membeli. Misalnya, untuk pakaian anak musim dingin sering ada cacat di lutut dan bagian belakang (karena anak sering jatuh atau main perosotan). Periksa jahitannya, apakah ada benang jahitan yang lepas.

 

Ketiga, pertimbangkan untung dan rugi saat membeli barang bekas. Sebaiknya tidak membeli barang bekas apabila barang itu akan digunakan sehari-hari. Misalnya, blender atau alat masak yang sehari-hari sering digunakan, sebaiknya beli baru.

Sebaliknya, jika seperti alat mixer atau alat baking yang bukan merupakan keperluan untuk memasak harian, boleh beli barang second dan tetap memperhatikan kualitasnya.

Keempat, pilih mainan anak yang berdaya jual. Berhubung anak cepat bosan dan butuh rangsangan baru, bisa membeli mainan bekas yang kondisinya bagus. Nah, saat anak bosan bisa langsung dijual kembali.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini