Jakarta PSBB Lagi, Bantuan UMKM Segera Dipercepat agar Tak Bangkrut

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 11 September 2020 08:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 11 320 2275994 jakarta-psbb-lagi-bantuan-umkm-segera-dipercepat-agar-tak-bangkrut-fdS4MqZvxf.jpg Uang Rupiah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kebijakan rem darurat yang diambil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan membuat ekonomi Indonesia tidak akan berjalan. Hal ini seiring dengan Jakarta yang menjadi penyumbang ekonomi terbesar Indonesia akan menurun.

Ekonom Core Piter Abdullah menilai adanya pembatasan sosial berskal besar (PSBB) akan memberikan sentimen negatif pada ekonomi Indonesia.

Baca Juga: Bank Tetap Buka meski Jakarta Rem Darurat

"PSBB tidak hanya bikin sentimen negatif. Tapi membatasi aktivitas ekonomi. Dampaknya ekonomi tidak bisa berjalan," ujar Piter saat dihubungi, Jumat (11/9/2020). 

Menurutnya, ekomomi tidak mungkin berjalan kalau dalam PSBB sejumlah sektor dilarang beroperasi. Di antaranya tempat hiburan ditutup, restoran ditutup.

"PSBB itu ada pilihan mengutamakan kesehatan mengorbankan ekonomi. Jadi sudah disadari sejak awal ekonomi tidak berjalan," katanya.

Baca Juga:  Pengusaha Minta Pemprov DKI Jakarta Tak Tutup Mal saat PSBB

Dia menyarankan agar yang bisa dilakukan pemerintah bukan membuat ekonomi berjalan. Tapi menyelamatkan masyarakat terdampak.

"Pemerintah harus lebih mempercepat penyaluran bantuan sosial, bantuan kepada dunia usaha agar tidak bangkrut," tandasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini