Begini Cara Susun Batu Bata yang Bikin Rumah Tampil Cantik

Natasha Oktalia, Jurnalis · Jum'at 11 September 2020 21:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 11 470 2276175 begini-cara-susun-batu-bata-yang-bikin-rumah-tampil-cantik-aPQG6SWOGB.jpg Batu Bata (Shutterstock)

JAKARTA - Batu bata yang digunakan dalam pondasi dan elemen yang mempercantik hunian dapat didesain dan dikonsep menjadi sesuatu yang terlihat menarik dan unik. Seperti batu bata yang dibuat menyerupai puzzle atau susunan menarik lainnya.

Beragam pola susunan batu bata mulai muncul dalam bangunan yang merupakan karya dari Arsitek Indonesia. Pola susunan batu bata ini sedikit banyak dipengaruhi oleh Desain Laurence Wilfred "Laurie" Baker yang merupakan salah seorang arsitek kebangsaan asal Inggris.

 Baca juga: 5 Cara Bikin Ruang Kerja Nyaman saat WFH

Salah satu penyusunan bata yang menarik adalah dengan pola penyusunan bata kombinasi. Menggunakan tiga tumpukan bata yang disandingkan dengan tumpukan lain dan disisakan rongga yang berbentuk persegi panjang diantara dua tumpukan.

Melansir dari buku Bata: Kuat, Awet, Indah & Eksotis karya Seri Rumah Ide, Jakarta, Jumat (11/9/2020). Bata yang digunakan yakni bata Taiwan yang merupakan buatan dari pabrik.

 Baca juga: Menanam Kol Dilakukan di Area Sisa Rumah, Simak 5 Tips Berikut

Bata tersebut memiliki rongga kecil pada kedua sisinya, lubang tersebut nantinya berfungsi sebagai tempat memasukan pen dari besi agar bata salaing terkunci satu sama lain. Mengingat fungsi dari bata ini tidak hanya sebagai dinding pengisi, namun dinding struktural.

Model dinding struktural yang digunakan bisa berbentuk dinding lengkung. Tentunya hal tersebut membuat dinding dan desainnya menjadi semakin unik dan menarik.

 Baca juga: Siapa Bilang Rumah Minimalis Tak Bisa Punya Taman?

Namun dalam dinding jenis ini, penyusunan bata sesuai pola cukup sulit. Kesulitan ini juga dirasakan saat menyusun rongga yang terdapat pada sisi dinding.

Hal tersebut dikarenakan besaran rongga yang tidak sama besar, ada yang sempit ada pula yang cukup lebar. Tampilan yang rapi dan menarik akan menjadi perhatian utama dalam pembuatan dinding bata ekspos bangunan.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini