BLT Subsidi Gaji Bisa Selamatkan Ekonomi RI dari Covid-19?

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 14 September 2020 14:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 14 320 2277473 blt-subsidi-gaji-bisa-selamatkan-ekonomi-ri-dari-covid-19-gMfj3riTTE.jpeg Rupiah (Shutterstock)

JAKARTA - Angka penderita pandemi virus corona atau Covid-19 di Indonesia setiap harinya kian bertambah. Alhasil, kebijakan pemerintah untuk memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada pekerja dengan upah di bawah Rp5 juta tak akan mengubah perekonomian ke jalur positif.

Ekonom CORE Indonesia Piter Abdullah mengatakan, selama pemerintah tak mampu menangani pandemi secara baik, maka jangan berharap perekonomian akan menunjukkan perbaikan. Sebab, dengan tren peningkatan kasus Covid-19 tetap menyebabkan kelesuan daya beli.

"Selama pandemi masih berlangsung, ekonomi akan kontraksi," kata Piter saat dihubungi Okezone, Senin (14/9/2020).

Baca Juga: Pekerja Dapat BLT Rp1,2 Juta tapi Kena Potong Gaji, Masih Mau Belanja?

Menurut dia, stimulus bantuan yang diberikan oleh masyarakat hanya membantu agar mereka bisa bertahan hidup selama pandemi ini. "Bantuan-bantuan yang diberikan hanya untuk menjaga agar masyarakat masih bisa bertahan hidup," ujarnya.

Sebagai informasi, pemerintah memberikan bantuan Rp2,4 juta yang akan dicairkan setiap dua bulan sekali dalam jangka waktu 4 bulan. Artinya, bantuan akan diberikan sebanyak dua kali saja kepada para pekerja dengan gaji pas-pasan tersebut.

Nantinya, pemerintah akan memberikan bantuan Rp1,2 juta untuk setiap dua bulan. Program ini menelan anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional hingga Rp37,8 triliun dengan dengan target 15,7 juta pekerja yang terdampak Covid-19.

(dni)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini