Begini Cara Bikin Jendela Rumah Menarik dan Eye Catching

Natasha Oktalia, Jurnalis · Selasa 15 September 2020 12:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 15 470 2277985 begini-cara-bikin-jendela-rumah-menarik-dan-eye-catching-gcqZG9AciQ.jpg Rumah (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ragam cara dilakukan oleh pemilik dan perancang rumah agar menciptakan kesan rumah sesuai dengan yang diinginkan. Sama halnya dengan tampilan jendela rumah yang memiliki desain yang unik dan tampilan yang menarik.

Penempatan jendela yang pas perlu dipikirkan sejak awal. Sebab untuk mengubah kembali jendela yang sudah terpasang akan memerlukan biaya bongkar tambahan.

Baca juga: 5 Pilihan Bahan Lantai untuk Mempercantik Dapur

Untuk itu, perlu diperhatikan pula beberapa tips agar jendela terlihat pas dan eye catching Seperti yang dilansir dari buku 101 Disain Jendela karya Indra Gunadi, Jakarta, Selasa (15/9/2020).

1. Pelajari pergerakan arah matahari muncul dan terbenam. Artinya, kalian perlu mempelajari pengaruh gerakan matahari terhadap ruang dalam sehingga lebar bukaan jendela sesuai dengan luas ruangan.

2. Sesuaikan lebar dan tinggi bukaan jendela dengan jumlah serta kegunaan perabot yang ada di dalamnya.

rumah

3. Komposisikan dengan bentuk dominan tampak depan rumah. Ada baiknya melihat referensi buku-buku arsitektur sehingga menambah pembendaharaan gaya jendela.

4. Jika menginginkan rumah penuh dengan nuansa seni sehingga hanya idealisme, pastikan untuk tidak melupakan kenyamanan mata manusia yang melihat.

5. Padukan bahan bangunan lunak dan keras. Artinya, jika kalian sering menerapkan unsur batu pada bangunan usahakan bahan jendela yang dipilih tidak keras, misalnya alumunium.

6. Selaraskan dengan desain taman di rumah jika menginginkan tema bangunan bernuansa keras.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini