Ini Keunggulan UMKM Indonesia

Aditya Pratama, Jurnalis · Rabu 16 September 2020 17:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 455 2278834 ini-keunggulan-umkm-indonesia-fMdcWvnGnb.jpg Menkop UKM Teten Masduki (Foto: Setkab)

JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki menyampaikan bahwa gerakan Bangga Buatan Indonesia sangat penting dilakukan saat ini. Sebab, di masa pandemi Covid-19 sangat penting untuk meningkatkan demand produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Teten menyebut, gerakan ini dapat mendorong produk-produk seperti pernak pernik yang merupakan bagian dari industri fashion dimana permintaan globalnya masih tinggi.

Baca Juga: Lagi Pandemi Covid-19, Usaha Mahar Pernikahan Justru Ramai Dicari Calon Pengantin

"Kita punya keunggulan domestik yaitu ketersediaan bahan baku baik dari bahan endemi atau hasil tambang dan kita kaya akan budaya, seni dan saya kira bisa menjadi sumber inspirasi memproduksi pernah pernik Indonesia," ujar Teten dalam peluncuran Bangga Buatan Indonesia Pernak Pernik Unik secara virtual, Rabu (16/9/2020).

Mantan Kepala Staf Kepresidenan ini menambahkan, kekuatan UMKM juga terletak di custom culture dan ini penting untuk dapat memperkuat daya beli. Adapun strategi UMKM saat ini berfokus bagaimana UMKM bisa bertahan di tengah pandemi selain bagaimana upaya untuk dapat menangani Covid-19 baik di dalam negeri maupun global.

Baca Juga: Pria Lulusan S2 Jadi Tukang Cukur, Dibayar Seikhlasnya

"Untuk itu memang kita harus menyiapkan diri UMKM kita bisa survive dalam waktu cukup panjang. Ini penting untuk kita kerja sama antar kementerian untuk menyiapkan UMKM bisa survive," kata dia.

Teten menyebut, saat ini kondisi UMKM sangat terdampak dari dua sisi yaitu sisi supply dan demand. Pemerintah saat ini juga telah membantu dari dua sisi tersebut, baik masalah pembiayaan dan bagaimana menyerap demand produk UMKM.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini