Insentif Kartu Prakerja Rp600.000 Bisa Buat Modal Usaha Lho

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 622 2279240 insentif-kartu-prakerja-rp600-000-bisa-buat-modal-usaha-lho-3zMHHeW3Ge.jpeg Uang Rupiah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah memberikan fasilitas program kartu pra kerja kepada para pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat pandemi virus corona (covid-19). Selain mendapatkan pelatihan secara online, nantinya para peserta kartu pra kerja ini akan diberikan insentif.

Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan, uang insentif ini sangat berguna sekali untuk masyarakat yang terkena PHK. Karena, tidak ada pemasukan sama sekali yang didapat sehingga murni hanya mengandalkan uang tabungannya saja.

Baca juga: Harga Diprediksi Naik Terus, Jangan Buru-Buru Investasi Emas

Adapun insentif yang didapatkan oleh para peserta totalnya adalah sebesar Rp3.550.000. Jumlah tersebut terdiri dari beberapa rincian, pertama adalah bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta.

Kemudian, para peserta juga akan diberikan insentif yang kedua adalah pasca pelatihan sebesar Rp600.000 per bulan yang akan diberikan setiap 4 bulan. Lalu, para peserta kartu pra kerja juga akan menerima insentif survei kebekerjaan sebesar Rp50.000 per survei untuk 3 kali survei.

  Baca juga: Simpanan MNC Bank sebagai Investasi di Kala Pandemi

"Jadi kartu pra kerja itu kalau enggak salah dapat uang insentif sekian rupiah. Memang akan berguna banget buat teman-teman yang mengalami PHK ataupun mereka yang bekerjanya informal dan sekarang lagi bisnisnya berhenti karena PSBB," ujarnya saat dihubungi Okezone, Kamis (17/9/2020).

Menurut Andi, dengan insentif yang didapatkan, ada baiknya dimanfaatkan untuk membuka usaha baru. Karena dalam situasi seperti saat ini, para korban PHK ini membutuhkan penghasilan untuk bisa tetap bertahan hidup.

Sebab menurutnya, jika ingin melamar kembali kerja akan sangat sulit. Mengingat, perusahaan atau pelaku usaha pun kini sedang berusaha untuk tetap bisa bertahan dengan cara melakukan efisiensi.

"Yang bisa dilakukan apa? Teman-teman ini harus banting setir untuk bisa mendapatkan penghasilan baru. Cara paling cepat seperti apa, nah paling cepat untuk bisa menghasilkan uang baru ya dia mencari pekerjaan lain atau merintis usaha baru," jelasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini