Indonesia Terancam Resesi, Orang Miskin Makin Banyak

Safira Fitri, Jurnalis · Senin 21 September 2020 06:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 20 320 2280900 indonesia-terancam-resesi-orang-miskin-makin-banyak-fYKlCmbQom.jpg Kemiskinan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Seiring penyebaran virus Covid-19 yang terus meningkat, sektor perekonomian Indonesia pun ikut tertekan. Hal tersebut membuat Indoesia terancam akan memasuki jurang resesi pada kuartal III. 

"Di kuartal ketiga Juli sampai September itu , Indonesia akan menyusul 45 negara dalam memasuki zona resesi," ujar Ekonom Indef Abra PG Talattov dalam diskusi virtual, Minggu (20/9/2020).

Dirinya juga mengatakan, jurang resesi akan membuat lonjakan kemiskinan dan pengangguran akan meningkat. Apalagi dengan prediksi 1,2 juta kemiskinan akan meningkat pada pedesaan dan perkotaan, yang mana dilihat dari upah buruh pertanian dan bangunan di perkotaan upah buruh rill berbeda, di desa lebih kecil.

Dengan ini, dirinya menghimbau agar pekerja menengah harus mulai menata pos pengeluaran dan melakukan penataan demi penghematan. Selain itu, disarankan kepada masyarakat untuk mulai mencari fasilitas relaksasi kredit.

Baca Selengkapnya: Indonesia Hadapi Resesi, Orang Miskin Bertambah 1,2 Juta

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini