Mau Investasi saat Ekonomi Resesi? Begini Caranya

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 24 September 2020 06:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 23 622 2282465 mau-investasi-saat-ekonomi-resesi-begini-caranya-Vsr3EBGRa8.jpg Tepatkah Investasi saat Pandemi. (Foto: Okezone.com/PTPSP DKI Jakarta)

JAKARTA - Investasi menjadi salah satu hal menarik untuk manambah income tambahan sekaligus tabungan di masa mendatang. Meskipun ekonomi Indonesia saat ini berpotensi resesi.

Perencana Keuangan Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini mengatakan, meski ekonomi Indonesia berada di ambang resesi, tapi jangan takut untuk memulai investasi. Justru di saat situasi seperti ini waktu yang tepat untuk investasi.

Baca Juga: Jangan Takut Investasi saat Resesi, Yuk Pelajari Instrumennya

"Jadi setiap kali krisis apakah mau lari dari market ketakutan atau nyamperin memanfaatkan peluang tapi harus juga ada strateginya," ujarnya saat dihubungi Okezone, Kamis (24/9/2020).

Namun sebelum melakukan investasi, Mike mengingatkan untuk lebih dulu mempelajari jenis-jenis instrumen investasi beserta risikonya. Sehingga niat hati ingin mendapatkan untung jangan sampai berbuah buntung.

Baca Juga: Tak Percaya, Wanda Kaget Ditransfer Jokowi BLT Rp1,2 Juta

Menurut Mike, bagi investor pemula yang tanpa pengetahuan mengenai jenis risiko akan sangat riskan. Pasalnya investor jenis ini lebih gampang tergoda oleh rayuan iming-iming keuntungan yang besar.

"Beli ah nanti juga naik eh enggak tahunya besok masih turun. Besok lagi masih turun enggak bisa tidur entar," kata Mike.

Dirinya mengibaratkan jika orang yang ingin terjun ke dunia investasi tanpa persiapan dengan berenang di lautan yang luas. Jika tanpa persiapan seperti tak memiliki keahlian berenang, maka akan tenggelam juga.

"Karena kalau nyebur aja juga orang enggak bisa berenang nyebur ke laut tenggelam juga malah merepotkan orang lain tanpa pengetahuan tanpa strategi tanpa baju pelampung bisa habis duitnya," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini