Memalukan, Masih Ada Saja Joki SKB CPNS

Dita Angga R, Jurnalis · Kamis 24 September 2020 09:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 24 320 2282835 memalukan-masih-ada-saja-joki-skb-cpns-I9nEKRSfPV.jpg CPNS (Okezone)

JAKARTA - Praktik kecurangan masih terjadi dalam pelaksanaan tes seleksi kompetensi bidang (SKB) calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang tengah digelar. Di mana, kecurangan tersebut ditemukan dalam aksi perjokian.

“Pemerintah telah mengupayakan agar seleksi berjalan secara transparan, jujur, objektif, dan jauh dari praktik KKN dan bentuk kecurangan lainnya. Namun masih ada saja oknum tidak bertanggungjawab mencoba melakukan praktik kecurangan,” kata Kepala Biro (Karo) Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono dalam keterangan persnya, Jakarta, Kamis (24/9/2020).

 Baca juga: Jakarta PSBB Lagi, Bagaimana Protokol Kesehatan SKB CPNS?

Paryono mengatakan kecurangan ini terjadi di titik lokasi tes SKB CPNS Kantor Regional (Kanreg) BKN Medan. Aksi ini dilakukan oleh oknum PNS Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan berinisial EW (37).

 

“EW menjadi joki untuk VS (33) yang melamar menjadi guru di instansi Pemerintah Kota Pematangsiantar,” ujarnya.

 Baca juga: Kantor PNS Jadi Klaster Corona, Menpan RB: Perlu Pengawasan

Setelah mendapatkan keterangan cukup jelas, akhirnya kedua oknum tersebut langsung dibawa ke Polsek Medan Sunggal untuk diproses lebih lanjut. Hasil ujian yang bersangkutan akan menjadi acuan penyusunan berita acara kejadian.

“Untuk selanjutnya dilaporkan kepada Panselnas Pengadaan Aparatur Negara tahun 2019 dan Kanreg VI BKN Medan akan memproses status PNS EW,” pungkasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini