6 Fakta Pajak Mobil Baru 0%, Itu Idenya Menperin

Fadel Prayoga, Jurnalis · Minggu 27 September 2020 12:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 26 320 2284236 6-fakta-pajak-mobil-baru-0-itu-idenya-menperin-2F64nmxhVc.jpg Mobil (Okezone)

JAKARTA - Kementerian Perindustrian sedang mengusulkan relaksasi pajak pembelian mobil baru sebesar 0% atau pemangkasan pajak kendaraan bermotor (PKB). Upaya ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan sektor otomotif di tengah masa pandemi Covid-19.

Seperti diketahui, masyarakat yang membeli mobil dikenakan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) yang ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 73 tahun 2019, yakni sebesar 15-70% untuk kendaraan bermotor angkutan orang. Besaran tarif disesuaikan dengan jumlah maksimal muatan setiap kendaraan, dan juga isi silinder.

 Baca Sri Mulyani Kaji Usulan Pajak Mobil 0%

Terkait hal itu Okezone sudah merangkum beberapa fakta tentang Permintaan Menperin ke Sri Mulyani Terkait Usul Pajak Mobil Baru 0%, Jakarta, Minggu (27/9/2020).

1. Diharapkan dapat Menstimulus Pasar

Menperin Agus Gumiwang menjelaskan, upaya pemangkasan pajak pembelian mobil baru tersebut diyakini bisa mendongkrak daya beli masyarakat. Tujuannya yakni untuk memulihkan penjualan produk otomotif yang tengah turun selama pandemi.

“Kalau kita beri perhatian agar daya beli masyarakat bisa terbantu dengan relaksasi pajak, maka kita terapkan," kata dia.

 Baca juga: Sri Mulyani Geram Banyak Perusahaan Lakukan Penggelapan Pajak

2. Bisa Menggairahkan kembali Industri Otomotif Tanah Air

Hal ini diharapkan bisa mendorong pertumbuhan sektor otomotif. Situasi industri di Tanah Air, termasuk otomotif memang tengah mengalami tantangan besar akibat pandemi covid-19.

3. Mengurangi Angka Pengganguran

Alasan ketiga, aktivitas industri otomotif memiliki multiplier effect yang luas, mulai dari penyerapan tenaga kerja yang besar hingga memberdayakan pelaku usaha di sektor lainnya.

4. Sri Mulyani Kaji Ide Tersebut

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan akan mengkaji usulan dari Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang.

"Kita tiap kali ada ide seperti ini, kita kaji dalam. Kemenkeu selalu terbuka dengan ide-ide itu. Namun kita jaga konsistensi kebijakannya," ujar Sri Mulyani dalam video virtual.

5. Kemenkeu Akan Rilis Hasil Kajian

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Kacaribu mengatakan, keputusan mengenai pembebasan pajak kendaraan tersebut akan segera dirilis.

"Permintaan otomotif bebaskan pajak dan segalanya, we are looking into that. Kita pelajari semoga bisa diputuskan cepat,"ujar Febrio dalam diskusi virtual.

Menurut dia, banyak aspek yang harus dilihat pemerintah sebelum memberikan pembebasan pajak. Misal apakah pembebasan pajak bisa mengangkat penjualan mobil dalam negeri sehingga berdampak pada perekonomian nasional.

6. Usulan Kemenperin ke Kemenkeu

Kementerian Perindustrian sedang mengusulkan relaksasi pajak pembelian mobil baru sebesar 0% atau pemangkasan pajak kendaraan bermotor (PKB). Upaya ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan sektor otomotif di tengah masa pandemi Covid-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini