Buah Langka Ini Lezat Mirip dengan Durian, Sumbernya di Kalimantan

Natasha Oktalia, Jurnalis · Minggu 27 September 2020 22:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 27 320 2284456 buah-langka-ini-lezat-mirip-dengan-durian-sumbernya-di-kalimantan-LKepgmMdOA.jpg Lahung Mirip dengan Durian. (Foto: Okezone.com/Kementan)

JAKARTA - Buah yang satu jarang didengar oleh banyak kalangan penyuka buah-buahan. Sebab buah asal Kalimantan ini jarang untuk ditemui.

Lahung namanya, buah ini mirip dengan durian jika dilihat dari tampilan luar. Yang membedakan kulit buah berwarna merah dan memiliki duri yang lebih panjang dari buah durian pada umumnya.

Baca Juga: Buah Naga Asal Indonesia Jadi Primadona di Pasar Internasional

"Cita rasa lahung atau yanng memiliki nama latin Durio dulcis ini sangat manis," tulis @Kementerianpertanian, Jakarta, Minggu (27/9/2020). Di antara kerabat buah durian lainnya, lahung merupakan buah yang terbilang memiliki rasa manis.

"Tapi daging buahnya lebih lezat layaknya karamel dengan aroma yang kuat," jelas Kementan.

Meski rasa dari buah tersebut manis, kulit lahung cenderung lebih tebal dari buah durian pada umumnya, sehingga daging buah lebih sedikit.

Baca Juga: Selain Kesehatan, Berikut Khasiat Buah Naga bagi Perekonomian Indonesia

Pohon dari buah lahung tumbuh di dataran rendah. Bentuk dari pohon buah lahung nampak mirip dengan pohon buah durian pada umumnya.

Selain buah lahung, Peneliti biologi Lembang Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), menegaskan bahwa Kalimantan mempunyai 18 jenis buah durian endemik. Jumlah dari buah tersebut lebih banyak daripada sejumlah pulau lainnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini