Sepeda Diatur Pemerintah, Simak 6 Hal yang Harus Dihindari saat Gowes

Natasha Oktalia, Jurnalis · Minggu 27 September 2020 20:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 27 320 2284542 sepeda-diatur-pemerintah-simak-6-hal-yang-harus-dihindari-saat-gowes-MGAQUAhmrg.jpg Kemenhub Buat Aturan Pesepeda. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan melakukan sosialisasi mengenai aturan bersepeda pada Pekan Sepeda Nasional. Aturant tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 59 Tahun 2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan.

Aturan tersebut menjelaskan tata cara cara bersepeda aman dan nyaman serta kelengkapan sepeda. Kelengkapan suatu sepeda meliputi lampu, rem, bel, alat pemantul cahaya berwarna merah,putih dan kuning, spakbor, pedal.

Baca Juga: Dear Pesepeda, Tak Wajib Pakai Helm saat Gowes

Demi menjaga keselamatan selama bersepeda, harus menaati ketentuan yang diberlakukan seperti menggunakan helm, menyalakan lampu jika berkendara di malam hari, atribut yang memantulkan cahaya dan memakai alas kaki. Untuk lajur bersepeda juga sudah dipersiapkan secara khusus. (fbn)

"Lajur tersebut dapat berupa berbagi jalan dengan kendaraan motor, menggunakan bahu jalan, lajur khusus yang berada pada badan jalan, atau lajur terpisah dengan badan jalan," tulis Instagram @kemenhub151, Jakarta, Minggu (27/9/2020).

Baca Juga: Sudah Diatur Menhub, Kini Keselamatan Pesepeda di Tangan Pemda

Selain itu ada pula beberapa hal yang harus dihindari saat bersepeda. Pertama, sepeda yang ditarik kendaraan lain. Kedua, membawa penumpang tanpa tempat duduk.

Ketiga menggunakan perangkat elektronik seluler, keempat, menggunakan payung. Kelima, berdampingan dengan kendaraan lain, kecuali dibatasi rambu.

Dan terakhir atau keenam, berkendara sejajar dengan lebih dari dua sepeda.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini