Tol Manado-Bitung Tarik Investor, Lapangan Kerja Akan Menjamur

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 29 September 2020 17:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 320 2285688 tol-manado-bitung-tarik-investor-lapangan-kerja-akan-menjamur-vZbZjjCrPM.jpg Jalan Tol Manado-Bitung (Foto: Tangkapan layar Youtube Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyambut optimis adanya jalan tol Manado-Bitung. Karena menurutnya, adanya jalan tol dengan panjang 40 Kilometer (KM) ini bisa membuat ekonomi di kawasan Sulawesi Utara (Sulut) berkembang.

Menurut Jokowi, dengan adanya jalan tol ini akan semakin banyak investor yang datang. Apalagi, di Sulawesi Utara ini juga ada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Bitung serta potensi pariwisata lainnya.

 Baca juga: Resmikan Tol Manado-Bitung, Jokowi: Dulu 1,5 Jam Kini Cuma 30 Menit

“Dengan tersambungnya kawasan perekonomi ini saya yakin investasi akan lebih banyak datang,” ujarnya dalam acara peresmian jalan tol, Selasa (29/9/2020).

Menurut Jokowi, selain investasi para usaha-usaha baru juga akan semakin menjamur. Hal ini juga berimbas pada peningkatan jumlah lapangan kerja yang tersedian di kawasan Sulawesi Utara (Sulut).

 Baca juga: Ada Tol, Jokowi Minta Gubernur Sulut Tarik Investasi Sebanyak-banyaknya

“Dengan tersambungnya kawasan perekonomian ini saya yakin investasi akan lebih banyak datang. usaha-usaha baru akan tumbuh lebih banyak. dan lapangan pekerjaan bagi masyarakat juga pasti akan meningkat. Sulawesi Utara akan semakin berkembang,” jelasnya.

Oleh karena itu, Jokowi memberikan tugas khusus kepada Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) untuk menarik investasi sebanyak-banyaknya. Khususnya untuk merayu investor agar mau menanamkan modalnya di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung.

Menurut Jokowi, kini akses menuju KEK di Bitung hingga ke Pelabuhan semakin mudah. Apalagi jika seluruh ruas dari jalan tol Manado-Bitung sudah beroperasi.

“Saya kira nanti tugasnya gubernur untuk menarik investasi sebanyak-banyaknya ke KEK di Bitung. Dan kawasan strategis pariwisata Manado-Bitung-likupang termasuk akses ke pulau lembeh semakin mudah dijangkau oleh sebab itu kita harapkan pariwisata di Sulawesi Utara bisa berkembang lebih baik lagi. Nanti setelah berakhirnya pandemi yang kita hadapi sekarang ini,” jelasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini