Sri Mulyani Kaget, Kelapa Sawit Bisa Dipakai Buat Sabun

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 01 Oktober 2020 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 01 320 2286747 sri-mulyani-kaget-kelapa-sawit-bisa-dipakai-buat-sabun-JPSayLCoti.jpg Sri Mulyani Bicara Hilirisasi Kelapa Sawit. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah mendorong proses hilirisasi terus dilakukan agar memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Seperti hilirisasi kelapa sawit, produk ini ternyata bisa digunakan sebagai bahan kosmetik dan sabun.

"Kelapa sawit memiliki nilai tambah yang luar biasa di sektor hilir industri kelapa sawit. Selain makanan seperti minyak goreng dan margarin, juga dipakai untuk sabun dan kosmetik dan nilai tambah untuk hilirisasi ini sangat besar," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam diskusi virtual, Kamis (1/10/2020).

Baca Juga: Sri Mulyani Sebut Kelapa Sawit Bisa Tekan Impor

Dia mengatakan, industri kelapa sawit harus merata, sehingga tidak fokus hanya di satu daerah dalam membangkitkan ekonomi Indonesia.

"Terutama terdapat di berbagai pulau seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan sebagai Jawa serta Maluku dan Papua. Saya berharap dari sisi pemerataan dan pembangunan maka industri kelapa sawit mampu menjadi motor penggerak untuk menciptakan pemerataan kesejahteraan yang berkeadilan," jelasnya.

Baca Juga: Sri Mulyani Sedih Hilirisasi Kelapa Sawit RI Kalah dari Malaysia

Dia menambahkan, kelapa sawit di Indonesia cukup besar dimiliki oleh petani mandiri yang mana lahannya cukup terbatas. Untuk itu, pemerintah akan membantu petani sawit dalam mendapatkan lahan.

"Ini dan relatif rendah dibandingkan para perusahaan swasta besar yang saya harapkan kita akan membantu para petani kelapa sawit," tandasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini