7 Cara Pilih Furnitur Ramah Lingkungan untuk Rumah

Safira Fitri, Jurnalis · Jum'at 02 Oktober 2020 12:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 02 470 2287272 7-cara-pilih-furnitur-ramah-lingkungan-untuk-rumah-aoD0C8gfs6.jpg Tips Memilih Furnitur Rumah. (Foto: Okezone.com/DIRT)

JAKARTA - Penataan furnitur bisa memberi pengaruh besar terhadap kenyamanan dan bahkan kesehatan penghuni rumah. Perlu selektif dan kejelian dalam membeli furnitur, supaya sesuai dan dapat mendukung dalam segala aktivitas di rumah.

Nah, apabila bingung untuk menentukan furnitur yang sesuai bagi kepribadian diri sendiri, maka berikut ini adalah sejumlah inspirasi pemilihan furnitur yang bisa digunakan seperti dilansir dari The Spruce, Jakarta, Jumat (2/10/2020).

Pertama, tentukan sesuai kebutuhan.

Penting untuk menentukan apa yang benar-benar menjadi kebutuhan sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli furnitur. Selain itu, tanyakan beberapa poin penting pada diri sendiri apakah memang sudah sesuai dengan furnitur yang dipilih sebelum membeli.

Baca Juga: 9 Kiat Renovasi Rumah di Tengah Ancaman Resesi

Kedua, temukan gaya yang sesuai.

Seperti halnya dengan karakter diri, maka dalam memilih furnitur pun dapat dipertimbangkan dengan menyesuaikan karakter pribadi, hal ini tentunya akan sangat membantu.

Sebab, dengan menyesuaikan karakter diri sendiri terhadap furnitur yang akan digunakan akan membuat penghuni lebih merasa nyaman dan mendukung karakter diri, menjadikan ruang tersebut salah satu sarana untuk bebas berekspresi sesuai kepribadian.

Ketiga, furnitur yang eco-friendly bisa menjadi pilihan.

Dengan meningkatkan kesadaran akan keadaan rusaknya bumi ini, memilih furnitur dengan bahan ramah lingkungan tampaknya akan menjadi pilihan yang tepat dan lebih penting untuk lingkup yang lebih luas.

Keempat, pertimbangkan kualitas konstruksi.

Penting memperhatikan kualitas dalam setiap pembelian furnitur. Seperti halnya, terkadang dua sofa terlihat hampir sama, namun yang menjadi perbedaan sangat besar adalah harganya.

Baca Juga: Industri Properti Diprediksi Baru Bangkit pada Semester II-2021

Ternyata, ketika dapat mengexplore lebih jauh, akan selalu ditemukan perbedaan kualitas yang begitu besar. Hal tersebut tergantung dengan seberapa bagus bahan-bahan yang digunakan.

Kualitas konstruksi tersebutlah yang menentukan berapa lama sebuah furnitur akan bertahan setelah dibeli dan berapa lama penampilannya akan tetap bagus. Pastikan untuk membeli dengan kualitas yang terbaik.

Kelima, pilihan furnitur berbahan kayu.

Furnitur dengan bahan kayu dapat memberikan kesan hangat, indah, dan fungsional terhadap suatu ruangan. Furnitur berbahan kayu dapat diaplikasikan dengan berbagai gaya, namun sekali lagi, kualitaslah yang harus diperhatikan.

Periksa kualitas furnitur berbahan kayu seperti dari kekokohan, apakah pintu dan laci sejajar dengan satu sama lain. Laci dapat terbuka dan tertutup dengan mulus, apakah teksturnya halus atau kasar ketika disentuh, dan terakhir apakah terdapat noda.

Keenam, memiliki nilai yang baik.

Terdapat begitu banyak masalah dalam membeli furnitur yang akan menimbulkan dampak negatif bagi pengalaman membelinya. Salah satunya adalah, ketika membeli furnitur karena memang membutuhkannya, namun ternyata ukuran ruang yang tidak sebanding dengan ukuran furnitur yang dibeli.

Hal tersebut haruslah lebih diteliti sebelum akhirnya benar-benar membeli furnitur. Selain itu, aspek penting dalam mempelajari cara membeli furnitur adalah melihat dengan kiblat tren dan membeli furnitur berdasarkan kualitas dan kegunaan.

Ketujuh, pelajari bahan kain dari sofa.

Sebagian besar sofa dipilih berdasarkan tampilan dan bahan kain. Pilih serat kain pelapis yang melengkapi selera. Adapun mempertimbangkan seberapa besar perawatan yang dibutuhkan serat kain pelapis sofa tersebut.

Misalnya, sutra terlihat cantik, tetapi tidak akan dapat mempertahankan penampilannya jika diletakkan di dekat jendela yang cerah, karena tidak terlalu tahan cahaya.

Beberapa serat cenderung mudah kusut dan tersangkut serta tidak dapat menahan penggunaan yang berat. Pilih serat yang tidak hanya terlihat bagus tetapi juga akan dipakai dengan baik di lingkungan rumah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini