Belanja Sambil Membantu di Toko Kelontong, Pedagang Senyum Ekonomi Berputar

Fadel Prayoga, Jurnalis · Sabtu 03 Oktober 2020 16:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 03 622 2287760 belanja-sambil-membantu-di-toko-kelontong-pedagang-senyum-ekonomi-berputar-vlb8RSOg7k.jpg Ekonomi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pemilik toko kelontong termasuk ke dalam jenis usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, pada pelaku UMKM paling terkena dampak dari adanya wabah tersebut.

Perencana Keuangan dari OneShildt Financial Planning Agustina Fitria mengimbau kepada seluruh masyarakat agar memberdayakan mereka dalam belanja kebutuhan sehari-harinya, sehingga, roda perekonomian pun dapat terus berputar.

"Bantulah roda ekonomi dengan membeli kebutuhan dari lingkungan terdekat, terutama dari mereka yang secara finansial terdampak," kata Agustina saat dihubungi Okezone, Sabtu (3/10/2020).

Menurut dia, dengan membantu para pedagang di sekitar, maka usaha mereka pun dapat kembali berjaya kembali seperti sebelum adanya Covid-19.

"Jika Anda termasuk yang secara ekonomi baik-baik saja, berikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan mulai dari lingkungan sekitar," ujarnya.

Seperti diketahui, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2020 terkontraksi minus 5,32%. Selanjutnya, pada kuartal III-2020 pemerintah memprediksi perekonomian tetap terkontraksi minus 2,9% hingga minus 1,1%. Dengan demikian Indonesia akan tercebur ke jurang resesi.

 

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini