Sulap Sampah Jadi Kerajinan, Welis Banderol Harga hingga Rp500.000

Erwin Setiawan, Jurnalis · Selasa 06 Oktober 2020 17:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 06 455 2289366 sulap-sampah-jadi-kerajinan-welis-banderol-harga-hingga-rp500-000-nleqiPNKb3.jpg

PALEMBANG - Selama ini sampah koran dinilai hanya menimbulkan tumpukan sampah yang tak berguna di lingkungan. Akan tetapi, hal ini tidak berlaku bagi bank sampah Kebumen Gemilang Sejahtera.

Pasalnya, bank sampah tersebut mengubah mindset akan limbah koran yang menjadi kerajinan tangan yang cantik dan bernilai jual di industri masyarakat.

Baca Juga: Atur Keuangan saat Resesi, Jangan Hanya Andalkan Gaji

Koran merupakan media surat kabar untuk mengetahui informasi terkini terkait perkembangan zaman, akan tetapi bagaimana cara pemanfaatan limbah korang tersebut sehingga nantinya tidak menambah volume sampah yang ada di Kota Palembang. 

Salah seorang pencetus kerajinan tangan yang terbuat dari koran yakni Welis Fatimah, dirinya telah banyak memasarkan kerajinan tangan terbuat dari koran. Berawal dari hobi, kini menjadi lumbung usaha.

Baca Juga: Investasi yang Aman saat Resesi, dari Deposito hingga Obligasi

"Bagi kalian yang ingin belajar cara pembuatan atau sekedar melihat-lihat berbagai bentuk yang dihasilkan dari koran bekas, atau bahkan berniat ingin melengkapi hiasan rumah Anda dengan kerajinan tangan dari koran ini, dapat mengunjungi langsung rumah kreatif Bank Sampah Kebumen Gemilang Sejahtera di alamat Jalan Sersan Sani Zaini RT.27 No.2819, Kelurahan 2 Ilir Kota Palembang, atau bisa cek langsung di Instagram @banksampahkgs atau @kgs_craft," ujar Direktur Bank Sampah Welis Fatimah, Selasa (6/10/2020). 

Bahkan kerajinan tangan dengan nama bank sampah Kebumen Gemilang Sejahtera pun mampu menembus pasar industri Indonesia, dan telah mendapatkan penilaian Adipura dan Kampung Iklim 2017.

Untuk pembuatannya sendiri terbilang susah-susah gampang, karena membutuhkan keuletan dan ketelitian dalam setiap tahapan pembuatan kerajinan tangan yang terbuat dari koran bekas.

Berbagai motif dan bentuk telah menghiasi etalase yang ada di industri rumah tangga bank sampah tersebut, mulai dari piring cantik, guci, kotak tissue, dan berbagai macam jenis lainnya.

Harga yang ditawarkan pun mulai dari Rp10.000 hingga Rp500.000. Selain berbahan dasar koran yang dibentuk dengan berbagai bentuk dan ukuran dengan motif yang bervariasi, setelah jadi barulah dicat dengan menggunakan pewarna makanan atau cat akrilik.

Sementara untuk motif ditambahkan dengan menggunakan tissue Eropa dengan teknik decoupage dan finishing, kemudian disemprot dengan menggunakan pernis waterbase atau berbahan dasar air.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini