4 Fakta Bansos Cair, Dapat BLT Subsidi Gaji hingga Beras 15 Kg

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Sabtu 10 Oktober 2020 08:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 09 320 2291027 4-fakta-bansos-cair-dapat-blt-subsidi-gaji-hingga-beras-15-kg-oIexnKvxnC.jpg BLT Pegawai (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah telah menggelontorkan berbagai macam bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat hingga pekerja terdampak pandemi virus corona atau Covid-19. Beberapa jenis bansos masuk ke dalam anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) perlindungan sosial.

Pada bulan ini, setidaknya ada bansos yang sudah dirasakan masyarakat, seperti BLT subsidi gaji, bansos beras hingga penurunan tarif listrik.

Berikut fakta-fakta soal bansos yang cair seperti dirangkum Okezone, Jakarta, Sabtu (10/10/2020).

1. Daftar Bansos yang Cair

BLT subsidi gaji tahap 5, tarif listrik turun, bantuan kuota internet, bantuan UMKM dan bansos beras.

"Insya Allah (BLT) akan diberikan pada akhir bulan Oktober 2020. Teman-teman harap bersabar, pasti akan kami salurkan bantuan ini," ujar Menteri Ketenegakerjaan Ida Fauziyah dalam konferensi pers virtual.

Baca Juga: 618 Ribu Pekerja Terima BLT Subsidi Gaji Tahap 5 

2. Realisasi Anggaran PEN

 

Dalam program PEN yakni, perlindungan sosial mencapai Rp157,03 triliun atau 77,01% dari total pagu Rp203,91 triliun.

Beberapa program baru pun telah terealisasi dengan baik. Bantuan subsidi gaji sudah tercapai hingga Rp13,98 triliun untuk 11,65 juta peserta, Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) sudah disalurkan Rp17,8 triliun kepada 7,64 juta pengusaha mikro, serta bantuan operasional dan pembelajaran daring pesantren telah terealisasi Rp2,02 triliun.

 

3. Alasan BLT Harus Dikucurkan Selama Pandemi

Direktur Riset Center of Reform On Economics (Core) Indonesia Piter Abdullah mengatakan, pergeseran dana ke dua sektor itu disebabkan dua sektor ini yang paling terdampak akibat pandemi Covid-19.

"Pertama, masyarakat khususnya masyarakat menengah bawah dan kedua adalah UMKM, sehingga kalau ada penambahan dari alokasi anggaran untuk kedua kelompok ini saya kira hal yang sepatutnya sudah dilakukan," ujar Piter.

4. Bansos Beras Disalurkan ke 10 Juta Penerima

Pemerintah kembali menyalurkan bantuan sosial (Bansos) untuk membantu kesejahteraan masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Salah satu bansos yang diberikan adalah melalui bantuan sosial beras.

Menteri Sosial Juliari Batubara mengatakan, program bansos beras akan dilakukan mulai Agustus hingga Oktober 2020, dengan penyaluran sebanyak 15 kilogram per bulannya.

Bantuan sosial beras ditujukan kepada 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dengan anggaran yang disiapkan mencapai Rp5,41 triliun. Adapun waktu penyaluran bansos beras diberikan selama 3 bulan.

Dengan bertahap, penyaluran pertama diberikan sebanyak 30 kilogram, dilakukan pada Agustus hingga September 2020. Sementara penyaluran kedua, diberikan sebanyak 15 kilogram dan dilakukan pada Oktober 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini