Harga Emas Dunia Melemah Imbas Tarik Ulur Stimulus Ekonomi AS

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 13 Oktober 2020 08:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 13 320 2292666 harga-emas-dunia-melemah-imbas-tarik-ulur-stimulus-ekonomi-as-RTxVVllSDA.jpg Emas (Shutterstock)

NEW YORK - Harga emas mengalami penurunan setelah mencapai puncaknya dalam tiga minggu terakhir. Hal ini dikarenakan ekspektasi bantuan virus Corona AS yang tidak memadai menekan daya tarik emas batangan.

Melansir CNBC.com, Jakarta, Selasa 913/10/2020), spot emas turun 0,3% menjadi USD1.923,56 per ons, setelah mencapai level tertinggi sejak 21 September di USD1.932,96. Emas berjangka AS ditutup naik 0,1% menjadi USD1.928,90.

 Baca juga: Harga Emas Dunia Melonjak 1% di Tengah Lesunya Dolar AS

Pemerintahan Trump pada hari Minggu meminta Kongres untuk mengesahkan RUU bantuan virus korona yang akan menggunakan dana sisa. Namun, negosiasi tentang paket yang lebih luas mengalami penolakan.

“Kita berbicara triliunan (dalam stimulus) satu hari dan itu miliaran di hari berikutnya dan (mungkin) akan menjadi jutaan berikutnya. Rasanya semakin kecil menjelang pemilihan, ”kata Phillip Streible, kepala strategi pasar di Blue Line Futures di Chicago.

Baca juga: Harga Emas Naik Tipis Menanti Kepastian Pilpres AS

Emas telah naik lebih dari 26% sepanjang tahun ini dibantu oleh stimulus dari pemerintah dan bank sentral global karena dianggap sebagai lindung nilai terhadap risiko inflasi dan pelemahan mata uang.

Investor juga mengawasi pemilihan AS yang akan datang yang akan datang dalam beberapa minggu, di mana Demokrat Joe Biden dipandang lebih mungkin untuk menang.

"Emas akan lebih tinggi jika Biden menang karena dia akan menghabiskan banyak uang," kata Bob Haberkorn, ahli strategi pasar senior di RJO Futures, menambahkan segala hal yang tidak diketahui pada malam pemilihan juga akan memberikan dukungan.

Bullion juga melemah karena indeks utama Wall Street didukung oleh kenaikan saham teknologi. Pemerintah AS dan pasar obligasi ditutup pada hari Senin untuk Hari Columbus.

Di antara logam mulia lainnya, perak turun 0,2% menjadi USD25,07 per ons, platinum turun 1,3% menjadi USD874,22. Sementara paladium turun 1,6% menjadi USD2.399,86.

(rzy)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini