Cara Pintar Atur Keuangan, Cek Pengeluaran 6 Bulan ke Depan

Safira Fitri, Jurnalis · Rabu 14 Oktober 2020 16:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 14 622 2293604 cara-pintar-atur-keuangan-cek-pengeluaran-6-bulan-ke-depan-yI2qp3hksA.jpg Uang Rupiah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Mengatur keuangan tentunya harus dilakukan sebaik mungkin. Salah satu hal yang membuat kegagalan dalam mengatur keuangan adalah kebiasaan diri sendiri.

Oleh sebab itu, dalam penerapan mengatur uang yang baik, harus pula memperbaiki kebiasaan dengan benar. Seperti misalnya, apabila sudah mempraktikkan kebiasaan atur uang sejak remaja, maka biasanya di masa mendatang, kebiasaan tersebut sudah bisa menjadi keahlian.

Baca Juga: Cara Jitu Kelola Dana Pensiun agar Tak Cepat Habis

Melansir laman Instagram Pritaghozie, Jakarta, Rabu (14/10/2020), ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar ahli dalam mengatur keuangan sebagai berikut.

"Cek pinjaman dan catat utang yang kamu miliki, tanggal berapa saja bayarnya supaya kita bisa evaluasi adakah dana kas untuk melunasi kewajiban," ujarnya.

Lalu, cek pengeluaran untuk 6 bulan ke depan apa saja? Masih adakah penghasilannya?

Kemudian, cek pula dana darurat, ada atau tidak? Jika tidak ada, cek tabungan atau aset lain untuk hitung jumlah uang yang dimiliki.

Selanjutnya, cek kemampuan nabung dan investasi. Jika masih bisa, usahakan agar tetap dijalankan.

"Cek apakah ada aset yang bisa kita jual? Contohnya mobil. Persiapkan mobil bekas untuk siap dijual. Pasarkan dengan cara yang paling efisien dan aman. Platform online yang terpercaya akan sangat membantu penjualan mobil bekas dengan aman," jelas Prita.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini