Cara Jitu Kelola Dana Pensiun agar Tak Cepat Habis

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 14 Oktober 2020 11:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 14 622 2293377 cara-jitu-kelola-dana-pensiun-agar-tak-cepat-habis-TvT3srHtHp.jpg Uang Rupiah (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pensiun merupakan masa yang menyenangkan bagi sebagian besar orang. Setelah sekian lama bekerja, masa pensiun dianggap menjadi momen untuk beristirahat dan menikmati dana pensiun karyawan yang diberikan oleh perusahaan.

Namun perlu diingat, jumlah dana pensiun yang besar sekali pun akan sia-sia jika tidak dikelola dengan baik.

Baca Juga: Bagaimana Potensi Investasi Saham saat Resesi?

Perencana Keuangan Eko Endarto mengatakan mengelola dana pensiun adalah keahlian penting yang harus dimiliki oleh semua orang, khususnya untuk para pensiunan.

"Karena jumlah dana yang besar sekalipun akan habis jika tidak dikelola dan dimanfaatkan dengan tepat," kata Eko saat dihubungi, Rabu (14/10/2020).

Baca Juga: Investasi Emas, Minimal 3 Tahun Baru Keuntungannya Terasa Nampol

Dia melanjutkan, ada baiknya pensiunan fokus pada kebutuhan bukan keinginan. Adapun, dahulukan kebutuhan di atas kepentingan, terlebih jika dana yang terima adalah satu kali di akhir masa kerja dengan jumlah yang sangat besar.

"Coba kelola, sisihkan, dan dahulukan untuk kebutuhan primer, seperti makan, pakaian, serta hunian," ucapnya.

Dia melanjutkan agar mengelola dana pensiun tidak hanya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, tetapi juga dapat terus dikelola agar berkembang.

"Setidaknya ada 3 fungsi dana pensiun yang bisa dimanfaatkan, seperti asuransi, tabungan, dan dana pensiun itu sendiri," bebernya.

Sebaiknya para pensiunan sudah pernah belajar untuk investasi. Pasalnya, dunia yang serba modern ini pilihan investasi sangat beragam, seperti deposito, saham, logam mulia, properti, dan lainnya.

"Jadi itulah cara efektif mengelola dana pensiun agar hari tua Anda tetap terjamin," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini