Positif Corona, 117 Peserta Tes SKB CPNS Minta Jadwal Ulang

Dita Angga R, Jurnalis · Kamis 15 Oktober 2020 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 15 320 2294160 positif-corona-117-peserta-tes-skb-cpns-minta-jadwal-ulang-rS7bIwiOWj.jpg SKB CPNS 2019 (Foto: PANRB)

JAKARTA - Pelaksanaan seleksi kompetensi bidang (SKB) calon pegawai negeri sipil (CPNS) telah berakhir tanggal 12 Oktober. Namun masih ada beberapa peserta tes yang mengajukan permohonan penjadwalan ulang karena terkonfirmasi positif covid.

“Ada peserta yang terkonfirmasi covid-19 dan dijadwalkan ulang, jumlahnya 177 orang. Ini yang kemudian difasilitasi kembali untuk mereka bisa dijadwalkan ulang setelah mereka menyatakan sudah negatif covid-19,” kata Deputi bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen saat media briefing, Kamis (15/10/2020).

Dia mengatakan bahwa sesuai aturan yang ditetapkan bahwa peserta positif covid-19 bisa mengikuti tes susulan berdasarkan dengan rekomendasi yang dikeluarkan oleh tim kesehatan.

“Jadi kalau tim kesehatan menyatakan kalau yang bersangkutan tidak bisa mengikuti seleksi karena positif covid maka itu dituangkan di dalam berita acara. Dan kami akan mengikuti rekomendasi tim kesehatan tersebut. Jadi tidak bisa BKN memutuskan secara sepihak bahwa peserta positif covid kemudian boleh ikut,” ungkapnya.

Baca Juga: 5 Fakta Terbaru SKB CPNS di Tengah Covid-19 

Sebaliknya jika peserta tes SKB CPNS positif covid-19 dan direkomendasikan oleh tim kesehatan bisa mengikuti seleksi maka BKN akan menjadwalkan tes susulan.

“Keputusuan bisa ikut atau tidak itu ada tim kesehatan. Ini karena BKN bukan ahli di bidang kesehatan. Jadi tentu teman-teman di kesehatan yang merekomendasikan kepada kami. Dan itu kita keluarkan di berita acara,” ungkapnya.

Suharmen mengatakan penjadwalan ulang dilakukan setelah 14 hari. Hal ini sesuai dengan masa inkubasi positif covid-19.

“Penjadwalan ulang dilakukan setelah 14 hari. Karena masa covid-19 itu, masa inkubasinya sekitar 14 hari,” pungkasnya.

 

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini