5 Fakta Terbaru SKB CPNS di Tengah Covid-19

Fadel Prayoga, Jurnalis · Minggu 06 September 2020 10:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 05 320 2273079 5-fakta-terbaru-skb-cpns-di-tengah-covid-19-bidRIU62aj.jpg SKB CPNS 2019 (Foto: PANRB)

JAKARTA - Sejak 1 September 2020, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menggelar seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi tahun 2019.

Tahapan yang dilaksanakan adalah seleksi kompetensi bidang (SKB). SKB itu akan berakhir pada 12 Oktober 2020.

Pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia tak mengurungkan kegiatan tersebut. Namun, demi mencegah penyebaran virus corona dalam SKB CPNS, protokol kesehatan harus dijalani oleh para peserta dan pihak penyelenggara.

Baca Juga: Dimulai Besok 1 September, Tes SKB CPNS Tak Serentak 

Tak dapat dipungkiri, penerapan protokol kesehatan saat berlangsungnya SKB CPNS 2019 menarik untuk dibahas. Okezone pun merangkum fakta-fakta ihwal pelaksanaannya, Minggu (6/9/2020):

1. Panitia SKB CPNS Harus Dinyatakan Reaktif

Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (SesMenPANRB) Dwi Wahyu Atmaji menyatakan semua petugas dari BKN atau panitia yang bertugas wajib untuk melakukan rapid test dengan hasil non-reaktif.

“Sedangkan untuk peserta, kami tidak mensyaratkan peserta untuk mengikuti rapid test sebelumnya. Kami tidak ingin membebani peserta, jangan sampai ada peserta yang tidak bisa ikut ujian karena tidak memiliki surat hasil rapid test,” katanya, beberapa waktu lalu.

2. Peserta yang Suhu Tubuhnya 37,3° Mengikuti Tes di Tempat Terpisah

Bagi peserta dengan suhu tubuh yang melebihi ambang batas atau diatas 37,3⁰ celcius, tetap diperbolehkan mengikuti ujian. Namun akan melakukan ujian di tempat terpisah dengan peserta lainnya.

3. Sebelum Memasuki Ruangan Tes, Peserta Wajib Cuci Tangan dan Dicek Suhu Tubuh

Di lokasi ujian juga telah tersedia tempat cuci tangan. Peserta akan diarahkan untuk melakukan cuci tangan dengan sabun selama 20 detik sebelum memasuki lokasi ujian dan ruang ujian. Selanjutnya, peserta juga akan dicek suhu tubuhnya.

4. Peserta dan Panitia Harus Mengenakan Masker dan Jaga Jarak

Masker wajib digunakan oleh peserta SKB dan panitia yang bertugas. Selama di ruang tunggu dan ruang ujian, peserta harus memastikan menjaga jarak aman, baik dengan peserta lain maupun petugas.

 

5. 153 Intansi Sudah Menggelar SKB CPNS

Jumlah total instansi yang menyelenggarakan SKB sebanyak 507 instansi. Di mana ada 298 titik lokasi tes SKB.

“Untuk hari ini jumlah instansi yang menggelar tes sebanyak 153. Tesnya ada di 48 lokasi. Itu untuk yang hari ini,” kata Kepala Biro (Karo) Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono saat dihubungi, Selasa (1/9/2020).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini