Setahun Jokowi-Ma'ruf, Teguhkan Kembali Indonesia Sentris

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 20 Oktober 2020 11:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 20 320 2296475 setahun-jokowi-ma-ruf-teguhkan-kembali-indonesia-sentris-DBearkJM8U.jpg Setahun Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin Memimpin Indonesia. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin memasuki masa kerja satu tahun. Beberapa catatan dan capaian pun sudah diukir hingga hari ini, meski pemerintahan baru berjalan 365 hari sejak dilantik tahun lalu.

Ada beberapa program periode pertama Presiden Joko Widodo yang tetap dipertahankan. Misalnya, program pembangunan infrastruktur yang merata di seluruh daerah di Indonesia. Demikian dikutip dari laporan tahunan KSP, Selasa (20/10/2020).

Baca Juga: Namanya Diabadikan Jadi Jalan di Abu Dhabi, Jokowi: Eratnya Hubungan RI-UEA

Selama setahun ini, pemerintah Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin tetap mempertahankan pembangunan Indonesia sentris. Di mana pembangunan tidak hanya dilakukan di Pulau Jawa, tapi daerah pelosok lainnya.

Meskipun di tengah tantangan pandemi virus corona (Covid-19), pemerintah meneguhkan Indonesiasentris sebagai salah satu bukti negara hadir di segenap pelosok Tanah Air. Pemerintah memastikan pembangunan harus berjalan disegala sektor hingga terwujudnya keadilan yang merata dengan menjadikan daerah pinggiran menjadi prioritas.

Baca Juga: UEA Resmikan Nama Jalan Presiden Joko Widodo, Begini Penampakannya

Papua, Papua Barat, dan kawasan timur Indonesia kini menjadi perhatian utama. Presiden bahkan menunjuk Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin sebagai Ketua Dewan Pengarah Percepatan Pembangunan Papua.

Ada banyak daerah tertinggal di seluruh tanah air yang perlu segera dibangun agar tidak terjadi kesenjangan antarwilayah. Bukan hanya pembangunan fisik tapi juga pembangunan mental.

Pemerintah ingin memastikan pembangunan merata di semua wilayah. Negara harus hadir untuk memastikan terwujudnya Indonesiasentris.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini