Daftar BUMN yang Paling Babak Belur Kena Efek Covid-19

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 20 Oktober 2020 13:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 20 320 2296574 daftar-bumn-yang-paling-babak-belur-kena-efek-covid-19-LhmLjapVth.png BUMN (Foto: Instagram Kementerian BUMN)

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan menerapkan dua metode dalam menekan kerugian perusahaan BUMN akibat pandemi virus corona atau Covid-19.

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan akan ngegas untuk mendorong perbaikan keuangan perseroan. Serta akan mengerem jika ada kondisi ekonomi yang memburuk.

"Kita akan ngegas jika melakukan perbaikan dan kita akan ngerem agar tidak banyak kerugian pada ekonomi Indonesia," ujar Kartika dalam video virtual, Selasa (20/10/2020).

Baca Juga: Kata Pengusaha Muda soal 1 Tahun Jokowi-Ma'ruf Amin

Menurutnya, ada tiga sektor BUMN yang ternyata terdampak signifikan akibat mewabahnya virus corona. Ketiga sektor tersebut yaitu energi, pariwisata dan infrastruktur.

"Dari seluruh portofolio memang tiga sektor ini yang paling terdampak. Sebagai contoh Pertamina karena memang terjadi penurunan konsumsi bahan bakar. Jauh dibandingkan kondisi pada saat ekonomi masih normal,”katanya

Dia melanjutkan ada bergerak di sektor pariwisata dan transportasi. Salah satu yang paling terdampak pada sektor ini adalah maskapai Garuda Indonesia.

Serta sektor infrastruktur terutama infrastruktur transportasi. Misalnya seperti KAI, Jasa Marga hingga Waskita Karya sebagai pengelola jalan tol.

“Masih sangat lambat karena memang masyarakat naik transportasi umum masih jauh lebih rendah dibanding kondisi pre-Covid-19,” tandasnya.

 

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini